Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Dirjenpendis Tetapkan Peserta Invited, Open dan Exented Panel pada AICIS 2024, Ini Daftarnya

AICIS 2024 Guru madrasah.com - AICIS 2024 merefleksikan interaksi antara kajian agama (Islam) dengan berbagai tantangan kemanusiaan saat ini. Tema-tema hubungan antara Islam dan nasionalisme, kewargaan, hak asasi manusia masih terus mencari keseimbangan di antara berbagai keteg…

Dirjenpendis Tetapkan Peserta Invited, Open dan Exented Panel pada AICIS 2024, Ini Daftarnya
AICIS 2024

Guru
madrasah.com - AICIS 2024 merefleksikan interaksi antara kajian agama (Islam) dengan berbagai tantangan kemanusiaan saat ini. Tema-tema hubungan antara Islam dan nasionalisme, kewargaan, hak asasi manusia masih terus mencari keseimbangan di antara berbagai ketegangan dan penerimaan. Ketegangan sosial politik internasional, seperti perang antara Rusia-Ukraina, konflik Israel dan Palestina, serta berbagai ketegangan dan konflik di berbagai belahan bumi lainnya, secara konstan melahirkan berbagai tanggapan dengan sentimen keagamaan yang kuat. isu ketidakadilan, ketimpangan hubungan internasional, serta skema kemanusiaan universal pada akhirnya tetap menjadi tema-tema penting setiap perbincangan peran agama di era kontemporer. 

Nilai-nilai dasar setiap ajaran agama (keadilan, kesetaraan, dan perdamaian) terus menerus dituntut peran solutifnya dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

AICIS 2024 memiliki enam kegiatan di antaranya, Plenary Session, Parallel Session, On Stage Discussion, 1st Southeast Asia Religious Leaders Summit, dan Declaration of Semarang Charter. Selain itu, ada pula agenda lain, seperti Islamic Culture and Civilization Expo, Islamic Higher Education Expo and Journal Clinique, Semarang Cultural Trip, Semarang Halal Food Festival, dan Penanaman Pohon Perdamaian.

Menurut Zainul Hamdi, AICIS adalah wadah sekaligus wasilah mis wasail untuk bertukar pikiran, berdialog, dan mendesimisnasikan hasil riset para scholars PTKI (Perguruan Tinggi Agama Islam) beserta international scholars, yang telah diselenggarakan oleh Kementarian Agama RI sejak tahun 2000, setiap tahun. “AICIS sepanjang sejarah tersebut tidak hanya telah berkontribusi dan mewarnai wajah perkembangan Islamic studies pada level nasional, namun juga internasional,” tuturnya

Terdapat 1206 peserta yang ditargetkan untuk berpartisipasi dalam AICIS 2024, termasuk peserta domestik dan internasional, baik peserta aktif maupun pengamat. Metode Pelaksanaan AICIS bersifat Hybrid (Offline dan Online), yang akan dibagi ke dalam 44 panel dengan 3 bahasa pengantar utama: Arab, Inggris, Indonesia.

AICIS 2024 memiliki 7 Sub-Tema, yaitu 1) Religion, Nationalism, and Citizenship in Southeast Asia; 2) Impact of International Religious Issues and Tension on Nationalism, Citizenship, and Human Rights; 3) [In]equality, Justice, and Humanitarian Crisis; 4) Religious Tensions and Global Humanity; 5) Gender, Spirituality, and Minority Issues; 6) Fiqh Siyasah on War and Peace: Post-Colonial Era; 7) Maslahah Mursalah based Policy, Equality, and Empowerment.

Kepdirjenpendis tentang Penetapan Peserta Invited, Open dan Exented Panel pada AICIS 2024

File mengenai Keputusan Dirjen Pendidikan Islam tentang Penetapan Peserta Invited, Open dan Exented Panel pada AICIS 2024 dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Berkas Unduhan



0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.