Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Soal dan Pembahasan KSN / OSN IPS SMP Tahun 2020 (KSN-K KSN-P KSN Nasional)

Soal dan Pembahasan KSN  IPS SMP Tahun 2020 Sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional, KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan nam…

Soal dan Pembahasan KSN / OSN IPS SMP Tahun 2020
Soal dan Pembahasan KSN  IPS SMP Tahun 2020
Sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional, KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan nama ini terjadi di tahun 2020 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Hasil KSN juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional.

Bidang Sains yang dilombakan:


Jenjang Sekolah Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jenjang Sekolah Menengah Pertama Matematika, IPA, dan IPS
Jenjang Sekolah Menengah Atas Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Tahapan pelaksanaan KSN terdiri atas:
  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)
Dengan adanya pandemi Covid 19 di awal – pertengahan tahun 2020 ini, sesuai arahan dan kebijakan pemerintah untuk seluruh sekolah tetap harus menjalankan protokol kesehatan dan social distancing maka KSN-P 2020 dilaksanakan secara daring.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Kumpulan Soal dan Pembahasan KSN SMP Tahun 2020 Bidang IPS. Seperti yang kita ketahui bahwa KSN atau Kompetisi Sains Nasional merupakan salah satu kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. KSN SMP terdiri dari 3 bidang yang dilombakan, yaitu: Matematika, IPA, dan IPS.

Download Soal dan Pembahasan KSN / OSN IPS SMP Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Soal dan Pembahasan KSN-K IPA SMP Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota (Babak Penyisihan) ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibwah ini.

Soal KSN-K IPS SMP Tahun 2020 Daring - Download

Demikian informasi mengenai Soal dan Pembahasan KSN / OSN IPS SMP Tahun 2020 (KSN-K KSN-P KSN Nasional) yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.