Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD/MI Halaman 50 - 62 Subtema 1 dan 2 : Manusia dan Lingkungan

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD/MI Halaman 50 - 62 Subtema 1 dan 2 : Manusia dan Lingkungan
Subtema 1 dan 2 : Manusia dan Lingkungan

Pada pembahasan buku tematik kali ini akan menjawab materi Subtema 1 dan 2 materi Manusia dan Lingkungan.


Dalam artikel ini, terdapat materi dan kunci jawaban halaman Tema 1 Kelas 5 SD/MI halaman 51 sampai 62, meliputi halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62.

Dikutip dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 5 (Tema 1), berjudul Selamatkan Makhluk Hidup, Cetakan Ke-2, 2017 (Edisi Revisi), Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembahasan soal dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya bersifat sebagai referensi jawaban dan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar daring di rumah.

Berikut kunci jawaban kelas 5 SD tema 1 Subtema 1 dan 2 halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 bisa digunakan orang tua sebagai panduan untuk mengoreksi soal latihan yang siswa kerjakan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 50, 51-52


Ayo Berkreasi

Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf. Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Paragraf 1

Ide Pokok:
Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi.

Paragraf 2

Ide Pokok:
Kandang kelinci Pak Rudi terletak di belakang rumah

Paragraf 3

Ide Pokok:
Edo membantu membersihkan kandang kelinci

Paragraf 4

Ide Pokok:
Edo membersihkan sisa makanan kelinci

Paragraf 5

Ide Pokok:
Kandang kelinci yang bersih menjadikan kelinci sehat

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 53


Ayo Membaca

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu


Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Jawaban

Paragraf 1

Ide Pokok:
Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2

Ide Pokok:
Kupu-kupu termasuk hewan serangga.

Paragraf 3

Ide Pokok:
Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan?

Paragraf 4

Ide Pokok:
Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 54


Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata. Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.

Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata. Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.
Jawaban:

Hewan Vertebrata

  • Hal Yang Dibandingkan: Tulang belakang
  • Penjelasan: Memiliki tulang belakang
  • Hal Yang Dibandingkan: Gerakan
  • Penjelasan: Gerakannya lincah dan cepat
  • Hal Yang Dibandingkan: Cara bergerak
  • Penjelasan: Berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat

Hewan Avertebrata

  • Hal Yang Dibandingkan: Tulang belakang
  • Penjelasan: Tidak memiliki tulang belakang
  • Hal Yang Dibandingkan: Gerakan
  • Penjelasan: Gerakannya lambat
  • Hal Yang Dibandingkan: Cara bergerak
  • Penjelasan: Berpindah tempat seolah-olah merayap

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 55


Ayo Renungkan
Dengan mempelajari organ gerak hewan, kita makin tahu betapa sempurnanya ciptaan Tuhan. Sudahkah kamu menyayangi hewan?Tunjukkan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu menyayangi hewan.

Jawaban:

Sikap yang menunjukkan kasih sayang pada hewan antara lain merawatnya dengan baik, emberi makan, membawa ke sokter hewan jika sakit, dan memberikan kandang untuk hewan kita.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 56-57


Ayo Mengamati

Adik-adik diperintahkan untuk mengamati gambar yang ada pada halaman 56, kemudian adik-adik disuruh untuk menjawab pertanyaan mengenai gambar tersebut.

1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?

Jawaban:
Pada kedua gambar adalah aktivitas mengendarai sepeda.

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?

Jawaban:
Menurut saya aktivitas yang menyehatkan adalah naik sepeda karena lebih banyak menggunakan tenaga otot daripada naik sepeda motor.

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?

Jawaban:

Benar sekali, aktivitas manusia eperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia.


Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 60


Ayo Berlatih

Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.

Lakukan secara bergantian dengan temanmu. Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.

Jawaban:

Paragraf 1:
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Paragraf 2:
Ide Pokok: Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

Paragraf 3:
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Paragraf 4:
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Paragraf 5:
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olah raga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.

Paragraf 6:
Ide Pokok: Bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes

Paragraf 7:
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 61


Ayo Menulis

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Ide Pokok: Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku

Paragraf:

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Selain murah ternyata bersepeda juga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Bersepeda juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. Bersepeda sendirian atau dilakukan bersama dengan teman-teman sama-sama menyenangkan.

Ide Pokok: Aku bersepeda pada sore hari

Paragraf:

Aku memilih waktu bersepedaku pada sore hari. Saat sore hari udara terasa sejuk karena matahari sudah tidak terik lagi. Selain itu saat sore hari juga langit sangat indah dengan warna birunya. Teman temanku juga menyukai bersepda pada saat sore hari.
Ide Pokok: Aku bersepeda berkeliling desa.

Paragraf:

Aku bersepeda berkeliling desa. Suasana desa yang sejuk dan jauh dari keramaian lalu lintas membuat bersepeda semakin asyik. Aku menyusuri jalan sepanjang desa yang di kanan kirinya merupakan daerah persawahan yang hijau membentang
.
Ide Pokok: Aku bersepeda bersama teman-temanku

Paragraf:
Aku bersepeda dengan teman-temanku. Sebelumnya memang kami telah bermusyawarah tentang rencana bersepeda bersama. Bersepeda bersama dengan teman-teman sangat menyenangkan. Kita dapat menikmati banyak pemandangan indah sambil bernyanyi, berbagi cerita, dan tertawa bersama.

Ide Pokok: Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan

Paragraf:

Banyak sekali manfaat bersepeda yang aku rasakan. Bersepada bisa membuat tubuh sehat. Selain itu bersepeda dapat melatih kelenturan otot-otot tubuh. Otot-otot tubuh yang sehat dan terlatih membuat kita lincah bergerak, mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, dan tidak mudah mengalami cidera. Selain itu bersepeda bersam juga dapat menambah banyak teman.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 62


Ayo Renungkan

Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat badan kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia?

Melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari membuat badan lebih sehat karena melatih otot-otot untuk terus bekerja. Hal tersebut ada kaitannya dengan organ gerak manusia. Gerak pada manusia menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, dan melakukan aktivitas lainnya.

*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah selama pandemi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenani Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD/MI Halaman 50 - 62 Subtema 1 dan 2 : Manusia dan Lingkungan. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD/MI Halaman 50 - 62 Subtema 1 dan 2 : Manusia dan Lingkungan"