Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Revisi Juknis Lomba ABK Berseri Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2021

Juknis Lomba ABK Berseri Tahun 2021 Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan kebijakan pada pendidikan di Indonesia termasuk juga pada satuan pendidikan khusus. Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus pada masa pandemi harus tetap berjalan, implementasi pe…

Juknis Lomba ABK Berseri Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2021
Juknis Lomba ABK Berseri Tahun 2021
Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan kebijakan pada pendidikan di Indonesia termasuk juga pada satuan pendidikan khusus. Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus pada masa pandemi harus tetap berjalan, implementasi pelaksanaan pembelajaran sebagian besar wilayah adalah melalui BDR dan sebagian wilayah dengan kondisi tertentu dapat melaksanakan tatap muka. Dua prinsip utama pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 adalah:
  1. kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran;
  2. tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga harus menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan.

Dengan melihat kondisi diatas implementasi UKS yang optimal dengan memperhatikan keterlibatan lintas sektor sangat mendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran baik yang BDR maupun yang tatap muka. Selain membantu meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik pendidikan khusus yang tercermin dalam kehidupan PHBS, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal, keberhasilan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) juga tercermin pada perilaku hidup sehat warga sekolah dengan penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 baik untuk yang BDR maupun pembelajaran tatap muka. Dalam rangka melaksanakan pembelajaran tatap muka bagi semua peserta didik, sekolah melalui UKS juga perlu mengupayakan langkah-langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 bagi warga sekolah di lingkungan sekolah.

Sebagai apresiasi bagi peran UKS maka Kemdikbud menyelenggarakan Lomba Anak Berkebutuhan Khusus Bersih, Sehat, Ramah, dan Inklusif yang disingkat Lomba “ABK BERSERI” Pendidikan Khusus Tahun 2021. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi yang kuat bagi sekolah dan peserta didik dalam meningkatkan prestasi dan berjiwa sehat pada masa pandemi Covid-19.


TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 adalah:
  1. meningkatkan motivasi sekolah dalam pelaksanaan Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sehat) pada masa pandemi Covid-19;
  2. meningkatkan motivasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19;
  3. mendapatkan gambaran kondisi satuan pendidikan khusus dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.


HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Lomba ABK Berseri Pendidikan Khusus Tahun 2021 adalah:
  1. meningkatnya motivasi sekolah dalam pelaksanaan Trias UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sehat) pada masa pandemi Covid-19;
  2. meningkatnya motivasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19;
  3. diketahuinya kondisi satuan pendidikan khusus dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Download Juknis Lomba ABK Berseri Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2021


Selengkapnya mengenai Juknis Lomba ABK Berseri Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2021 ini bisa anda lihat dan unduh melalui link dibawah ini.


Demikian informasi mengenai Juknis Lomba ABK Berseri Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.