Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tahun 2021

Pedoman Pelaksanaan LDBI 2021 Globalisasi membuat masyarakat di dunia saling terikat satu dengan yang lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi yang mengesampingkan batas batas geografis, ekonomi dan budaya. Kondisi ini mendorong generasi muda u…

Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tahun 2021
Pedoman Pelaksanaan LDBI 2021
Globalisasi membuat masyarakat di dunia saling terikat satu dengan yang lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi yang mengesampingkan batas batas geografis, ekonomi dan budaya. Kondisi ini mendorong generasi muda untuk terus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi. Salah satu kompetensi yang berkembang saat ini di kalangan generasi muda adalah kemampuan berkomunikasi nasional dan universal, yang didukung dengan kemampuan analitis dan berfikir kritis atau yang biasa kita sebut critical thinking.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempersiapkan program kompetisi debat bahasa yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Sehubungan dengan masih adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan kebijakan PSBB, penduduk dilarang untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, sehingga mempengaruhi penyelengaraan kompetisi LDBI dan NSDC.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Puspresnas untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan. Puspresnas tidak ingin menutup hasrat dan motivasi para peserta didik untuk berprestasi di bidang debat Bahasa.

Panduan Teknis ini menjelaskan langkah-langkah yang menjadi pilihan terbaik pelaksanaan seleksi dengan tetap memperhatikan dan mewajibkan pelaksanaan Protokol Covid 19, yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini diharapkan mampu memperoleh potensipotensi peserta didik yang unggul di bidang debat, dan berkesempatan untuk tampil menunjukan kemampuannya di tingkat internasional.

Prinsip penyelenggaraan kompetisi adalah bahwa para peserta didik melaksanakan proses seleksinya dari rumah, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan rasa aman para peserta didik dari bahaya virus Covid-19, namun tetap dapat berprestasi.

Download Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tahun 2021


Selengkapnya mengenai file pdf dari Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tahun 2021 ini bisa anda lihat dan download melalui link dibawah ini.


Demikian informasi kami mengenai Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tahun 2021. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.