Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
TRENDING
Loading...

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada MAdrasah
Juknis Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada MAdrasah
Pengelolaan kegiatan pembelajaran di madrasah meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bersifat komprehensif dan kausatif. Pengelolaan kegiatan pembelajaran yang baik akan berdampak pada kualitas hasil belajar yang pada akhirnya berdampak juga pada peningkatan kualitas lulusan.

Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Penilaian pembelajaran meliputi penilaian proses dan hasil belajar. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan oleh pendidik dalam bentuk Penilaian Harian (PH), penilaian oleh satuan pendidikan dalam bentuk penilaian akhir semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Madrasah (UM).

Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Oleh karena itu guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat alat evaluasi yang tepat sesuai dengan tuntutan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, baik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan.

Agar guru madrasah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dan memadai dalam membuat soal tes penilaian hasil belajar sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 dengan membiasakan anak berfikir tingkat tinggi, maka perlu diadakan bimbingan teknis penyusunan soal HOTS (higher order thinking skills) bagi guru madrasah. Terkait hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun petunjuk teknis penyelenggaraan bimbingan teknis penyusunan soal HOTS pada madrasah dan Petunjuk Teknis penyusunan soal HOTS di madrasah, sebagai pedoman bagi pengelola pembelajaran di madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan kegiatan dimaksud.

TUJUAN
Kegiatan bimbingan teknis penyusunan soal HOTS ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan teknis bagi guru madrasah dalam menyusun kisi-kisi dan soal HOTS, sehingga guru dapat membuat alat evaluasi yang tepat untuk melakukan penilaian pembelajaran di madrasah.

SASARAN
Sasaran kegiatan bimbingan teknis ini adalah guru kelas dan/atau guru pengampu mata pelajaran pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

Download Juknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah

Selengkapnya mengenai file pdf tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
Juknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah - DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 751 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bimtek Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah"