Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

UIN Malang Buka 6 Jalur Masuk bagi Calon Mahasiswa 2024, ada Beasiswa Teladan

UIN Malang (dok:wowkeren.com) Guru madrasah.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru. Secara umum untuk jenjang Sarjana, jalur masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terdiri dari 6 jalur masuk.

UIN Malang Buka 6 Jalur Masuk bagi Calon Mahasiswa 2024, ada Beasiswa Teladan
UIN Malang (dok:wowkeren.com)

Guru
madrasah.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru. Secara umum untuk jenjang Sarjana, jalur masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terdiri dari 6 jalur masuk.

Beberapa dari jalur ini dikelola di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Sementara jalur lainnya dikelola secara independen oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pada 2024 ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menawarkan sekitar 53 program studi yaitu 35 program studi untuk jenjang Sarjana (S1) dan 12 program studi magister (S2) serta 6 program studi doctoral (S3). Dari jumlah prodi, beberapa di antaranya termasuk ke dalam fakultas keagamaan, sedangan lainnya termasuk ke dalam fakultas umum dan kedokteran.

Beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Syariah, Fakultas Humaniora, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Profesi Dokter, Apoteker, dan Profesi Pendidikan Guru.

Dalam upaya menyambut calon mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Akademik, Umi Sumbulah menyampaikan bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membuka peluang sebesar-besarnya bagi para siswa yang ingin berkuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Berikut beberapa daftar jalur penerimaan Mahasiswa Baru untuk program Sarjana (S1) yang ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

1. BEASISWA TELADAN

Beasiswa Teladan merupakan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru dan Beasiswa Pendidikan Penuh di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, jalur ini menawarkan 14 program studi yang bisa di pilih oleh calon mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pendaftaran BEASISWA TELADAN dibuka tanggal, 19 Februari s.d. 19 April 2024
Silahkan klik di https://pmb.uin-malang.ac.id/

2. SNBP

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) adalah proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di tingkat nasional yang diadakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di bawah Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbud Ristek. Seleksi ini menggunakan rapor dan prestasi mahasiswa sebagai dasar penilaiannya.
Sementara itu, pendaftaran SNBP sendiri akan dibuka pada tanggal 14-28 Februari 2024.
Silahkan klik di https://pmb.uin-malang.ac.id/snbp/

3. UTBK-SNBT

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), yang diadakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), dilaksanakan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seperti pada SNBP, peserta SNBT juga perlu memiliki akun SNPMB untuk mengikuti proses seleksi.

Pendaftaran SNBT sendiri akan dibuka pada tanggal 21 Maret s.d. 5 April 2024.
Silahkan klik di https://pmb.uin-malang.ac.id/snbt/

4. SPAN-PTKIN

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) adalah seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Proses seleksinya hampir sama dengan SNBP, yaitu melalui rapor dan prestasi mahasiswa.

Pada jalur ini, calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang termasuk ke dalam kategori fakultas keagamaan.

Satuan pendidikan yang dapat mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN meliputi MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan secara resmi dari pemerintah.
Pendaftaran SPAN-PTKIN sendiri akan dibuka pada tanggal 12 Februari s.d. 15 Maret 2024.

Silahkan klik di https://pmb.uin-malang.ac.id/spanptkin/

5. UM-PTKIN

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional oleh semua Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Proses UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang terbuka bagi siswa lulusan MA/MAK/SMA/SMK/PDF/PKPPS/SPM atau sederajat.

Peserta dapat memilih hingga 3 program studi pada salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari 59 PTKIN yang tersedia. Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti tes offline di lokasi ujian yang telah dipilih.
Pendaftaran UM-PTKIN sendiri akan dibuka pada tanggal 17 April s.d. 15 Juni 2024.

Silahkan klik di https://pmb.uin-malang.ac.id/umptkin/

6. SPMB-Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Pada jalur mandiri UIN Malang, calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang termasuk ke dalam kategori fakultas keagamaan maupun fakultas umum.
Dengan berbagai jalur masuk yang disediakan, UIN Malang memberikan kesempatan luas bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan mengikuti proses seleksi sesuai kebutuhan dan kualifikasinya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran, calon mahasisw dapat mengunjungi situs web resmi di https://pmb.uin-malang.ac.id/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.