Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Madrasah Tahun 2024

POS AM Tahun 2024 Guru madrasah.com - Asesmen Madrasah (AM) merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. AM…

Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Madrasah Tahun 2024
POS AM Tahun 2024

Guru
madrasah.com - Asesmen Madrasah (AM) merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. AM ini merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN).

Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Madrasah Tahun 2024 telah diterbitkan oleh Dirjen Pendis Kemenag melalui Keputusan nomor 723 Tahun 2024. POS AM 2024 dimaksudkan sebagai pedoman standar dalam pelaksanaan asesmen madrasah tahun pelajaran 2023/2024.

POS Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Asesmen Madrasah yang disingkat AM merupakan asesmen yang diselenggarakan oleh madrasah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan (SKL).


Madrasah yang melaksanakan Asesmen Madrasah merupakan satuan pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Dalam hal penyusunan soal Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024 dilakukan oleh guru mata pelajaran dengan mengacu pada kisi-kisi AM 2024, silahkan unduh kisi-kisi asesmen madrasah tahun 2024 disini.

Sedangkan mata pelajaran yang di ujikan dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah adalah seluruh mapel yang diajarkan di kelas 6 MI, kelas 9 MTs, dan Kelas 12 jenjang MA/MAK.

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024

Jadwal Asesmen Madrasah 2024 ditentukan oleh masing-masing satuan madrasah pelaksana AM dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
  • Ketuntasan Kurikulum
  • Kalender Pendidikan (Kaldik) masing-masing madrasah
  • Hari libur nasional atau keagamaan
Adapun rentang waktu pelaksanaan asesmen madrasah (AM) Tahun 2024 adalah sebagai berikut:
  • Jenjang Madrasah Aliyah (MA): 4 s.d 30 Maret 2024
  • Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs): 22 April s.d 11 Mei 2024
  • Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI): 29 April s.d 18 Mei 2024

Download POS Asesmen Madrasah Tahun 2024

Selengkapnya terkait Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Madrasah Tahun 2024, silahkan bisa diunduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Berkas Unduhan


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.