Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2024

Pedoman GEMASTIK 2024 Guru madrasah.com - GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan program Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini …

Pedoman Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2024
Pedoman GEMASTIK 2024

Guru
madrasah.com - GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan program Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi. Pada tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-17 kalinya dengan tema “TIK untuk Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Masyarakat Indonesia yang Sejahtera”. Pelayanan publik yang dimaksud bisa meliputi dan tidak terbatas pada bidang: Kesehatan, Pendidikan, Transportasi, Pemerintahan, Ekonomi, Sosial, Demokrasi, Komunikasi, Kebudayaan dan Seni, Pertanian dan Ketenagakerjaan.

Pelaksanaan GEMASTIK XVII akan dilaksanakan dengan metode daring untuk semua kompetisi pada babak penyisihan sedangkan luring untuk babak final. Pagelaran ini diselenggarakan bersama salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai penyelenggara.

Melalui GEMASTIK, kompetensi TIK mahasiswa Indonesia akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing kompetisi untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif. Para mahasiswa diharapkan selalu antusias untuk tetap menghasilkan karya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk kemajuan Indonesia

Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan Gemastik semakin meningkat, pada Gemastik X tahun 2017 tercatat 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se- Indonesia terdaftar pada 10 cabang kompetisi. Pada Gemastik XI tahun 2018 terlaksana dengan diikuti oleh 2.470 tim yang berasal dari 132 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada penyelenggaraan tahun 2019, Gemastik XII diikuti oleh 3.285 tim yang berasal dari 133 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada Gemastik XIII tahun 2020 terlaksana dengan diikuti oleh 2.869 tim yang berasal dari 171 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada Gemastik XIV tahun 2021 terlaksana dengan diikuti oleh 3.164 tim yang berasal dari 210 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada Gemastik XV tahun 2022 terlaksana dengan diikuti oleh 2.577 tim yang berasal dari 153 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada Gemastik XVI tahun 2023 terlaksana dengan diikuti oleh 2.781 tim yang berasal dari 203 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang kompetisi. Pada tahun 2024 ini, Gemastik XVII diselenggarakan dengan 11 cabang kompetisi.

Berkas Unduhan



0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.