Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 H/2024 M

Seleksi PPIH Tahun 2024 Guru madrasah.com -Seleksi petugas haji merupakan proses penyiapan petugas yang dilakukan sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler, bahwa Menteri Agama membentuk Petugas Penyelenggara Ib…

Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 H/2024 M
Seleksi PPIH Tahun 2024

Guru
madrasah.com -Seleksi petugas haji merupakan proses penyiapan petugas yang dilakukan sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler, bahwa Menteri Agama membentuk Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang didelegasikan kepada Direktur Jenderal untuk menyeleksi, menetapkan dan/atau penunjukan guna mendapatkan petugas haji yang akan memberikan pembinaan, pelayanan dan pelindungan kepada Jemaah Haji.

Proses ini merupakan bagian penting dalam persiapan penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya. Proses seleksi dilaksanakan secara akuntabel, sehingga mampu menjaring petugas yang memiliki kompetensi manajerial dan teknis serta komitmen dalam melaksanakan tugas.

Untuk mendapatkan hasil sebagaimana di atas, sebelumnya telah ditetapkan Pedoman Rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi sebagai kebijakan seleksi petugas haji. Dengan demikian untuk mendukung pedoman rekrutmen dimaksud perlu diatur petunjuk teknis.

Tujuan

Tujuan diterbitkannya Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1445 Hijriah/2024 Masehi ini sebagai acuan teknis dalam proses seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup Petunjuk Teknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi mencakup seluruh proses seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Kloter.

Pelaksanaan Seleksi

1. Pelaksanaan seleksi tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota

a. Tahap Pertama

Seleksi PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter tahap pertama dilaksanakan di Kantor Wilayah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online realtime.

b. Tahap Kedua

Seleksi PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter tahap kedua dilaksanakan pada Kantor Wilayah yang meliputi seleksi kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online realtime dan wawancara pendalaman bidang tugas.

2. Pelaksanaan tingkat Pusat

Seleksi PPIH Arab Saudi tingkat Pusat meliputi administrasi, kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) secara online realtime dan wawancara pendalaman bidang tugas.

Supervisi

  1. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dapat memberikan kewenangan kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi untuk melakukan supervisi seleksi tahap pertama.
  2. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dapat melakukan supervisi seleksi tahap pertama dan kedua.


Waktu Seleksi

Waktu seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT) dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Seleksi tahap pertama tingkat Kantor Wilayah/Kabupaten/Kota selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas 100 soal.
  2. Seleksi tahap kedua tingkat Provinsi selama 90 menit dengan jumlah soal setiap bidang tugas 100 soal.
  3. Pelaksanaan tingkat Pusat selama 90 menit dengan jumlah soal setiap masing-masing bidang tugas 100 soal.
  4. Dalam hal terjadi kendala pada aplikasi Computer Assisted Test (CAT) dapat diganti dengan soal manual sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Download Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 H/2024 M

Selengkapnya mengenai file Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 354 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M ini dapat di unduh pada tautan dibawah ini.

  • Juknis Seleksi PPIH Tahun 2024 - DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 H/2024 M yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.