Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Bentuk Soal Isian Sederhana Bukan Esai, Kenali Tiga Model Soal UTBK SNBT 2024

UTBK SNBT 2024 Guru madrasah.com - Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 sudah keluar. Siswa kelas 12 dan siswa gap year yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2024 perlu tahu bahwa akan ada soal isian pada pelaksanaan ujian mendatang.

Bentuk Soal Isian Sederhana Bukan Esai, Kenali Tiga Model Soal UTBK SNBT 2024
UTBK SNBT 2024

Guru
madrasah.com - Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 sudah keluar. Siswa kelas 12 dan siswa gap year yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2024 perlu tahu bahwa akan ada soal isian pada pelaksanaan ujian mendatang.

Seperti yang kami lansir dari laman kompas.com, terkait materi soal UTBK SNBT 2024, tidak ada perubahan dari materi tes UTBK SNBT 2023. Terkait model soal dalam UTBK SNBT 2024 nantinya ada pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks, dan melengkapi rumpang atau isian.

Ada soal isian sederhana Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tjitjik Srie Tjahjandarie mengatakan, UTBK SNBT 2024 bentuk soal yang dirancang soal selain soal pilihan ganda, pilihan ganda komplek memang akan ada soal isian.

"Tetapi adik-adik tidak terlalu khawatir karena soal-soal isian sederhana. Bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang atau harus menuliskan rumus, tidak seperti itu," beber Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam konferensi pers SNPMB, Jumat (8/12/2023).

Tjitjik Srie Tjahjandarie menambahkan, soal isian di UTBK SNBT 2024 ini berbentuk isian sederhana. Hanya menulis angka saja.

Sebenarnya calon peserta UTBK SNBT 2024 juga bisa melihat bentuk dan contoh-contoh soal di laman SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek.

"Bentuk tes atau soal yang ada di UTBK SNBT 2024, tidak perlu khawatir atau mencari-cari akan seperti apa. Karena kami akan memberikan bentuk dan contoh soal di laman SNPMB," beber dia.

Dia menambahkan, calon peserta UTBK SNBT 2024 bisa memanfaatkan dan belajar dari bentuk dan contoh soal yang ada di laman SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek.

Dilansir dari laman SNPMB BPPP, Sabtu (9/12/2023), Tes Potensi Skolastik (TPS) berikut materi tes yang digunakan saat UTBK SNBT 2024:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.
 

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
 

3. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Demikian model soal UTBK SNBT 2024 yang perlu diperhatikan calon mahasiswa. Dan yang perlu diperhatikan meskipun di UTBK SNBT 2024 ada model isian, tapi jangan khawatir karena tipe soalnya hanya isian sederhana dan hanya menuliskan angka.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.