Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kumpulan Soal Latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang MI, MTs, dan MA 2023

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Guru madrasah.com - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kumpulan Soal Latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang MI, MTs, dan MA 2023
Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Guru
madrasah.com - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Kompetisi Sains Madrasah 2021 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Sebagaimana diketahui, Kompetisi Sains Madrasah atau KSM Tahun 2023 akan segera dimulai. Untuk tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada 1-3 Juli 2023. Sedang jadwal KSM tingkat provinsi pada 5 - 6 Agustus 2023, Selanjutnya pada 3 - 7 September 2023 dilaksanakan KSM Nasional.

Kumpulan soal ini bisa dijadikan referensi dan bahan latihan bagi calon peserta yang akan mengikuti KSM 2023, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Terdiri atas beberapa contoh soal untuk setiap bidang KSM, yakni soal KSM Matematika, IPA, IPS, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Pun untuk semua jenjang yakni Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Aliyah.

Persyaratan Peserta KSM

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Terdaftar sebagai siswa di Madrasah/Sekolah dan memiliki NISN (aktif);
  3. Duduk di kelas 4 atau 5 MI/SD sederajat; kelas 7 atau 8 MTs/SMP sederajat; kelas 10 atau 11 MA/SMA sederajat Tahun Pelajaran 2022/2023;
  4. Mengikuti satu bidanglomba;
  5. Belum pernah meraih medali emas tingkat nasional pada KSM/OSN/KSN di jenjang dan bidang sains yang sama.
  6. Peserta yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas, didiskualifikasi secara otomatis oleh sistem KSM.

Download Kumpulan Soal KSM 2023

Untuk mempersiapkan diri mengikuti Kompetisi Sains Madrasah, calon peserta tentu perlu memperbanyak latihan mengerjakan soal. Karena itu admin Gurumadrasah.com telah menyediakan kumpulan soal KSM 2023 untuk semua jenjang baik Mi/SD, MTs/SMP, dan MA/MAK/SMA/SMK.

Soal-soal tersebut merupakan soal KSM edisi 2022 tingkat Kabupaten/kota dan propinsi yang bisa digunakan untuk persiapan mengikuti KSM 2023 yang terdiri dari mata pelajaran seperti dibawah ini:
  • Soal KSM Matematika Terintegrasi untuk jenjang MI
  • Soal KSM IPA Terintegrasi untuk jenjang MI
  • Soal KSM Matematika Terintegrasi untuk jenjang MTs
  • Soal KSM IPA Terpadu Terintegrasi untuk jenjang MTs
  • Soal KSM IPS Terpadu Terintegrasi untuk jenjang MTs
  • Soal KSM Matematika Terintegrasi untuk jenjang MA
  • Soal KSM Biologi Terintegrasi untuk jenjang MA
  • Soal KSM Fisika Terintegrasi untuk jenjang MA
  • Soal KSM Kimia Terintegrasi untuk jenjang MA
  • Soal KSM Ekonomi Terintegrasi untuk jenjang MA
  • Soal KSM Geografi Terintegrasi untuk jenjang MA

Download Contoh Soal KSM Jenjang MI, MTs, dan MA Tahun 2023

Selengkapnya mengenai Kumpulan Soal Latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang MI, MTs, dan MA Tahun 2023 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

  • Kumpulan Soal KSM 2022 Kab/Kota - DOWNLOAD
  • Kumpulan Soal KSM 2022 Provinsi - DOWNLOAD

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kumpulan Soal Latihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang MI, MTs, dan MA Tahun 2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.