Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Pedoman Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Tahun 2023

Pedoman ONMIPA-PT 2023 Guru madrasah.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi membentuk Balai Pengembangan Talenta Indonesia yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik.

Pedoman Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Tahun 2023
Pedoman ONMIPA-PT 2023

Guru
madrasah.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi membentuk Balai Pengembangan Talenta Indonesia yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik.

Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Selain itu, untuk memenuhi salah satu kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebagai realisasi dari MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbudristek telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi, salah satu IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya adalah memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

ONMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut. Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat.

Sayangnya kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA).

Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa.

Penguasaan MIPA dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi. Balai Pengembangan Talenta Indonesia telah menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi sejak tahun 2009.

ONMIPA-PT dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tingkat Perguruan Tinggi, Tingkat Wilayah, dan Tingkat Nasional.

Dasar hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Peraturan Pemerintah Repubik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2019 tetang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tetang Rincian Tugas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  9. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 754/P/020 Tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN)

Tujuan

Olimpiade Nasional MIPA diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA di tengah-tengah masyarakat.
  2. Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA.
  3. Meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA.
  4. Memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang MIPA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA.
  5. Mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA.

Downlaod Pedoman Olimpiada Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2023

Selengkapnya mengenai Pedoman Olimpiada Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2023 ini bisa didownload melalui link berikut ini.


Demikian mengenai Pedoman Olimpiada Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.