Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023

Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023
PKM 2023

Guru
madrasah.com - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan wahana penyaluran dan peningkatan Kreativitas mahasiswa Indonesia yang memiliki sejarah panjang.

Pekan Ilmiah Mahasiswa National (PIMNAS) untuk pertama kalinya dilaksanakan di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1988 yang mewadahi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)dan Lomba Karya Inivatif Produktif (LKIP).

Pada tahun 1996 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diinisiasi di era menjelang reformasi yang konsepnya dirampungkan pada tahun 2000 dan dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2001.

Program Kreativitas Mahasiswa PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Di dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Program Kreatvitas Mahasiswa merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2023 di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Program Kreativitas Mahasiswa memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun Pimpinan Perguruan Tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah mahasiswa.

Di dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015- 2030.

PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan. Oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Tahun 2022 PKM-GFK berubah menjadi PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) berubah menjadi PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT).

Untuk mempermudah pemahaman perbedaan masing-masing bidang PKM dan untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, Pedoman PKM tahun sebelumnya disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2023. Pelaksanaan PKM dituangkan dalam satu buku pedoman.

Kriteria

PKM diperuntukkan bagi mahasiswa Diploma 3 (D3); Diploma 4 (D4) atau Strata 1 (S1) di seluruh PT di bawah Kemendikbud-Ristek yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi
(PDDikti) melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan.

Tujuan

PKM secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang:
  1. Tahu dan taat aturan;
  2. Kreatif dan inovatif; dan
  3. Objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Download Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023

Selengkapnya mengenai file dari Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023 ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi mengeai Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

No comments for "Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023"

Artikel Terkini