Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Penggerak Komunitas Belajar (Panduan Praktis Untuk Pengembangan Komunitas Belajar)

Buku Penggerak Komunitas Belajar Guru madrasah.com - Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar dirancang untuk membantu individu dan komunitas yang termotivasi untuk menggerakan komunitasnya untuk belajar mengembangkan kemampuan dirinya sebagai pendidik dan turut serta dalam transf…

Buku Penggerak Komunitas Belajar
Buku Penggerak Komunitas Belajar

Guru
madrasah.com
- Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar dirancang untuk membantu individu dan komunitas yang termotivasi untuk menggerakan komunitasnya untuk belajar mengembangkan kemampuan dirinya sebagai pendidik dan turut serta dalam transformasi pembelajaran. Jika Anda: 
  1. Telah tergabung pada komunitas belajar (seperti MGMP, KKG, MGMP, KKG, PKG, MKKS, KKKS, Komunitas Guru Belajar Nusantara, Komunitas Belajar Guru Penggerak, dan lainnya) dan tertarik untuk menggerakan komunitas agar lebih aktif, atau
  2. Belum bergabung pada komunitas belajar dan tertarik untuk membangun komunitas belajar guru untuk berkembang secara profesional bersama.

Tujuan dari prinsip komunitas praktisi

Dalam membangun komunitas belajar berdasarkan komunitas praktisi, terdapat lima tujuan utama dapat disasar oleh komunitas, yaitu(Wenger, 1998): 
  1. Mengedukasi Anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik
  2. Mendukung Dengan merancang interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas
  3. Membina Anggota kelompok dengan mengajak anggota kelompok untuk mulai belajar dan belajar secara berkelanjutan
  4. Mendorong Anggota dengan mempromosikan pekerjaan dari anggota melalui saling berbagi dan diskusi
  5. Mengintegrasikan Pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan sehari-hari

Peran-Peran Utama Yang Dibutuhkan Dalam Komunitas Belajar

Agar komunitas belajar dapat beraktivitas bersama dengan lancar, maka terdapat peran-peran yang diperlukan untuk keberlangsungan kegiatan. Peran- peran yang secara umum dibutuhkan adalah 
  1. Koordinator Komunitas, Koordinator bertugas sebagai penggerak utama dari komunitas, dimana koordinator berkoordinasi dengan semua bagian dan komunitas. Koordinator juga dapat berperan sebagai pembuat keputusan utama dalam komunitas.
  2. Tim Program / Konten, Tim program atau konten bertugas untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas atau dipelajari dalam aktivitas dan kegiatan, sesuai dengan tujuan komunitas. Tim program atau konten juga dapat bertugas untuk mencari narasumber yang sesuai materi.
  3. Tim Dokumentasi, Tim dokumentasi bertugas untuk mencatat, merekam, atau mendokumentasikan kegiatan dan hasil belajar komunitas. Tim dokumentasi juga dapat mengkomunikasi- kan hasil belajar kepada seluruh anggota dan pemangku kepentingan terkait.
  4. Tim Logistik, tim logistik bertugas untuk menyiapkan lokasi dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan komunitas.

Download Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar 

Selengkapnya mengenai Buku Penggerak Komunitas Belajar (Panduan Praktis Untuk Pengembangan Komunitas Belajar) ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Buku Penggerak Komunitas Belajar (Panduan Praktis Untuk Pengembangan Komunitas Belajar). Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.