Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023

Kaldik Madrasah 2022-2023 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan Kalender Pendidikan Kaldik Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kalender Pendidikan Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023
Kaldik Madrasah 2022-2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan Kalender Pendidikan Kaldik Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penetapan Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3001 Tahun 2022 tertanggal 3 Juni 2022.

Kaldik Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 diterbitkan untuk menjamin tata kelola madrasah yang profesional, efektif dan efisien, sehingga mendukung kualitas penyelenggaran madrasah.

Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 ini selanjutnya digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) di seluruh Indonesia.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dapat menetapkan implementasi kalender pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 di wilayahnya dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan kondisi daerah setempat.

Pengertian dan Fungsi Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan (Kaldik) merupakan bentuk pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Fungsi dari Kalender Pendidikan adalah untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah. Kalender Pendidikan juga berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah.

Secara lebih khusus, Kalender Pendidikan bagi guru digunakan untuk pedoman dalam penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penyusunan Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi satuan pendidikan dalam menyusun rancangan waktu pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Membantu satuan pendidikan merencanakan waktu pembelajaran;
  2. Mendorong satuan pendidikan melakukan perencanaan program pembelajaran;
  3. Menjamin setiap satuan pendidikan menyelenggarakan program pembelajaran sesuai ketentuan waktu pembelajaran yang ditetapkan


Download Kalender Pendidikan Kaldik Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023


Selengkapnya mengenai Kalender Pendidikan Kaldik Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023 ini bisa anda lihat dan juga mengunduhnya melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi mengenai Kalender Pendidikan Kaldik Madrasah (RA MI MTs MA) Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.