Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Pengumuman Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMA/MA 2021


Pengumuman Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021
Fiksi Tahun 2021

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (PUspresnas) telah mengeluarkan pengumuman dengan nomor 1792/J3/DM.02.00/2021 tentang Finalis FIKSI 2021.

Surat yang dikeluarkan tanggal 31 Agustus 2021 tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia.

Seanjutnya disampaikan dalam surat tersebut bahwa Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus mengembangkan dan melaksanakan ajang lomba kewirausahaan untuk siswa SMA/MA yaitu Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).

FIKSI merupakan ajang lomba untuk mewadahi, mengapresiasi, serta menciptakan generasi muda yang mampu menjawab tantangan zaman, jeli melihat peluang, serta mampu memetakan mitra potensial dalam kolaborasi strategis wirausaha. Puncak pelaksanaan FIKSI adalah EXPO Virtual FIKSI yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 16 Oktober 2021.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 memasuki pelaksanaan kali ke-6 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI 2021 berupaya menekankan pada Kategori Rencana Bisnis, yaitu perencanaan wirausaha yang sistematis, berbasis produk/jasa dalam bentuk susunan konsep serta Kategori Bisnis Berjalan, yaitu pengembangan wirausaha dalam bentuk produk/jasa yang sudah dijalankan lebih dari 3 bulan.

Adapun bidang yang dilombakan adalah Bidang Kriya, Bidang Fashion, Bidang Desain Grafis, Bidang Aplikasi, Game, Video, dan Animasi, Bidang Boga, dan Bidang Budidaya dan Lintas Usaha. Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang memiliki semangat keberanian dalam menghadapi masa dengan dan cerdas memanfaatkan jejaring. Untuk itu tema FIKSI tahun 2021 adalah Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh.

Sebelumnya telah terkumpul sebanyak 949 proposal bisnis, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Bidang Aplikasi, Game, Video dan Animasi : 101 proposal bisnis
  2. Bidang Boga : 365 proposal bisnis
  3. Bidang Budidaya dan Lintas Usaha : 120 proposal bisnis
  4. Bidang Desain Grafis : 78 proposal bisnis
  5. Bidang Fashion : 131 proposal bisnis
  6. Bidang Kriya : 154 proposal bisnis

Pada tanggal 18 – 22 Agustus 2021, para juri FIKSI sudah menilai dan menseleksi sebanyak 130 proposal bisnis, sebagaimana daftar terlampir, untuk mengikuti tahap seleksi pameran, presentasi, dan wawancara secara daring dalam EXPO Virtual FIKSI.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam masa pandemi ini, Pusat Prestasi Nasional juga telah melakukan beberapa penyesuaian untuk mempermudah siswa dalam mempersiapkan EXPO Virtual yang disesuaikan dengan protokol kesehatan, pedoman EXPO Virtual akan diinformasikan langsung kepada para finalis. 

Selanjutnya kami mohon perkenan Bapak/Ibu untuk memperhatikan, mendampingi, dan memberikan izin para siswa yang telah menjadi finalis untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti seleksi tahap selanjutntya dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) apabila dalam langkah persiapannya mereka harus berada di tempat dan fasilitas umum.

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Download Pengumuman Finalis FIKSI SMA/MA 2021


Selengkapnya mengenai Pengumuman Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMA/MA Tahun 2021 ini bisa anda download melalui link dibawah ini.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Pengumuman Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021. Semoga bermanfaat..

sumber : https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel Terbaru :


Jika konten ini bermanfaat, support kami dengan tetap menayangkan iklan, matikan AdBlocker. Terimakasih.