Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021


Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021
Modul PJJ Penguatan Literasi Bahasa Indonesia

Pada tahun 2021, Direktorat SMP menyusun sejumlah dokumen Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) di bidang penilaian, diantaranya adalah Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi dan Numerasi.

Dokumen ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi peserta didik melalui proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkat kan kompetensi peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kehidupan dengan menggunakan sintesis informasi yang diperolehnya.

Kecakapan literasi menjadi esensial pada abad ke -21 ini. Pada era teknologi ini, ketersediaan informasi memberikan ruang bagi t iap orang untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Akan tetapi, untuk dapat memanfaatkan informasi tersebut dengan baik, seseorang tentunya perlu menjadi ‘subjek’ atas informasi tersebut.

Dengan kata lain, perlu dapat memilih informasi yang baik dan bermanfaat secara kritis untuk dapat menerapkannya dalam kehidupannya.

Kecakapan berpikir kritis, kreatif, kemampuan berkomunikasi efektif serta bekerja secara kolaboratif menjadi tuntutan global dalam pendidikan.

Kecakapan ini perlu ditumbuhkan di kelas melalui strategi untuk meningkat kan kecakapan peserta didik dalam memaknai teks yang dibaca serta untuk mengaitkan teks tersebut dengan pengalaman, teks lain yang pernah dibaca, dan permasalahan dunia di sekitarnya.

Modul ini memberikan inspirasi kepada guru untuk meningkat kan kecakapan literasi peserta didik melalui beragam strategi membaca dan menganalisis bacaan.

Modul ini juga menyediakan contoh pemanfaatan beragam teks dengan berbagai tema yang relevan dengan materi pembelajaran.

Melalui modul ini, diharapkan guru dapat memberikan alternatif beragam teks bacaan fiksi dan nonfiksi agar peserta didik dapat memahami materi dengan lebih mudah. Selanjutnya, melalui ragam teks bacaan fiksi dan nonfiksi ini, peserta didik dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalamannya. Proses pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan.

Modul Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP ini ditulis untuk melengkapi Modul Pembelajaran Jarak Jauh yang telah dibuat oleh Direktorat Pengembangan SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Modul ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada guru untuk menguatkan pembelajaran melalui strategi literasi sehingga kecakapan literasi peserta didik dapat ditumbuhkan dengan lebih optimal.

Download Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021


Selengkapnya mengenai file pdf dari Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021 ini bisa anda lihat dan unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi yang kami sajikan pada kesempatan kali ini mengenai Modul PJJ Penguatan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021. Semoga bermanfaat..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :