Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Modul PJJ Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP Tahun 2021

Modul Penguatan Literasi Membaca adalah proses yang kompleks dan menantang, terutama karena peserta didik di jenjang SMP dipajankan pada bacaan yang semakin tinggi kompleksitasnya dengan materi yang semakin kaya dan yang memiliki lebih banyak kosakata baru.

Modul PJJ Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP Tahun 2021
Modul Penguatan Literasi

Membaca adalah proses yang kompleks dan menantang, terutama karena peserta didik di jenjang SMP dipajankan pada bacaan yang semakin tinggi kompleksitasnya dengan materi yang semakin kaya dan yang memiliki lebih banyak kosakata baru.

Oleh karena itu, kecakapan membaca seharusnya tidak berhenti pada merangkai bunyi huruf menjadi kata di jenjang pendidikan dasar.

Kegiatan membaca di jenjang SMP perlu meningkatkan kecakapan peserta didik untuk memahami dan menganalisis khazanah pengetahuan baru.

Tanpa menguasai keterampilan membaca pada jenjangnya, peserta didik tidak akan mampu mengakses pengetahuan.

Dengan demikian, kemampuan membaca ini menjadi tolok ukur kompetensi global yang diuji dalam Programme for International Student Assesment (PISA) yang mengukur kecakapan literasi membaca peser ta didik berusia 15 tahun di negara-negara yang berpartisipasi.

Di dalam tes ini, skor kemampuan membaca peser ta didik Indonesia menurun nilainya dari 402 pada tahun 2009 ke 396 pada tahun 2012 dan titik terendah adalah 371 pada tahun 2018.

Kecakapan berpikir aras tinggi tersebut juga menjadi materi yang diujikan dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Sebagaimana tes PISA, AKM mengukur membaca sebagai proses kognitif.

AKM diharapkan dapat membantu guru memetakan kecakapan literasi membaca peser ta didik dan melakukan penanganan terhadap peserta didik yang memerlukan inter vensi khusus maupun mereka yang telah cakap dan mahir dalam pembelajaran.

Akan tetapi, keterampilan membaca saat ini belum terlalu dikuatkan pelaksanaannya di sekolah. Guru belum benar-benar mendampingi peserta didik untuk memahami materi bacaan dan melatih mereka untuk bernalar melalui teks bacaan.

Untuk menguatkan hal ini, strategi membaca merupakan bagian penting dari penguatan literasi di jenjang SMP.

Daftar isi Modul PJJ Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP adalah sebagai berikut.

  • Bab I Pendahuluan
  • Bab II Lapisan Bumi dan Mitigasi Bencana: Inspirasi Penguatan IPA Kelas VII
  • Bab III Serat Alam Indonesia, Kini dan Nanti: Inspirasi Penguatan Prakarya Kerajinan Kelas VII
  • Bab IV Membela Kehormatan Negara: Inspirasi Penguatan PPKN Kelas IX
  • Bab V Nasionalisme pada Masa Kini: Inspirasi Penguatan IPS Kelas VII
  • Bab VI Bahan Pangan Lokal dengan Cita Rasa Global: Inspirasi Proyek Lintas Mata Pelajaran di Kelas VIII


Download Modul PJJ Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP Tahun 2021


Selengkapnya mengenai file dari Modul Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP Tahun 2021 ini  dapat anda lihat dan unduh pada tautan di bawah ini.


Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Modul PJJ Penguatan Literasi IPA, Prakarya, PPKn, IPS, dan Lintas Mapel SMP Tahun 2021 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.