Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Secara Daring Tahun 2021

Panduan KOPSI SMP 2021 Dalam rangka mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian, Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus terus berupaya membina dan mengembangkan minat, bakat dan prestasi peserta didik SMP/MTs/se…

Panduan Pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Secara Daring Tahun 2021
Panduan KOPSI SMP 2021
Dalam rangka mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian, Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus terus berupaya membina dan mengembangkan minat, bakat dan prestasi peserta didik SMP/MTs/sederajat melalui berbagai kegiatan pengembangan pretasi peserta didik.

Sasaran utama proses pembelajaran dan pendidikan adalah peserta didik, yang harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan pengembangan prestasi yang komprehensif dan terpadu. Pola pengembangan tersebut harus dapat mendukung penyiapan generasi yang berkualitas yang dibentuk dengan landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap yang mumpuni.

Dalam rangka mewujudkan capaian prestasi dalam berbagai bidang ilmu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional memandang bahwa program lomba, kompetisi, dan festival harus juga dapat dijadikan sarana pembinaan dan pengembangan kompetensi peserta didik dalam penguasaan IPTEK. Upaya tersebut diperkaya dengan berbagai program yang dapat menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap ilmu pengetahuan dan belajar untuk dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam sebuah penelitian. Peserta didik diharapkan dapat belajar mengajukan gagasan secara ilmiah, serta dapat menghasilkan inovasi atas fenomena permasalahan yang hadir di lingkungannya.

Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan hasil penelitian peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu diperlukannya sebuah agenda kegiatan yang secara konsisten dapat dijadikan wahana pembinaan minat dan bakat para peserta didik SMP/MTs/sederajat terhadap dunia penelitian ilmiah.

Agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif, adalah Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI). KOPSI berfokus pada upaya menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi penelitian peserta didik dalam rangka mewujudkan kemerdekaan berpikir peserta didik.

Kegiatan tersebut juga diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian diharapkan juga dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah. Pada tahun 2021, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen menyelenggarakan kompetisi penelitian ilmiah untuk para peserta didik SMP/MTs/sederajat yang dikemas dalam kegiatan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI).

Agar pelaksanaan KOPSI SMP tahun 2021 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pedoman panitia, peserta didik, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Petunjuk Pelaksanaan KOPSI SMP tahun 2021 ini tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba KOPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya KOPSI SMP tahun 2021 untuk diikuti oleh para peserta didik dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

Download Panduan Pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Secara Daring Tahun 2021


Selengkapnya mengenai berkas file Panduan Pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Secara Daring Tahun 2021 ini bisa anda unduh melaui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi mengenai Panduan Pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Secara Daring Tahun 2021. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.