Panduan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) Tahun 2021 - Guru Madrasah
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TRENDING
Loading...

Guru Penggerak

14 Feb 2021

Panduan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) Tahun 2021



Panduan Pendaftaran SNMPTN Tahun 2021
Panduan Pendaftaran SNMPTN Tahun 2021
Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui: (a) Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; dan (b) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Adapun kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% (empat puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Sementara, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Persyaratan peserta untuk mengikuti SNMPTN adalah: (a) calon peserta berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan; (b) calon peserta memiliki prestasi akademik baik dan konsisten ditunjukkan dengan merupakan kuota terbaik di sekolah dan dilakukan oleh LTMPT; (c) calon peserta masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah; dan (d) calon peserta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN ditetapkan oleh LTMPT.

Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah: (a) Peserta memiliki akun LTMPT; (b) Peserta memiliki nilai UTBK SBMPTN yang masih berlaku; (c) peserta telah memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah; dan (d) lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN ditetapkan oleh LTMPT. Adapun ketentuan mengenai persyaratan, metode, tata cara, dan kriteria seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing- masing PTN diatur dan ditetapkan oleh PTN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2021

Dokumen ini berisi panduan pendaftaran SNMPTN yang diisikan oleh siswa sesuai denganperiode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal ltmpt atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Berikut adalah tahapannya:
  1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.
Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini.

Catatan: Foto dan beberapa informasi tulisan pada gambar dalam panduan ini sengaja diberi blok hitam agar identitas siswa tidak terlihat. Pada tampilan asli anda tidak akan ada blok hitam baik pada foto maupun tulisan.

Download Panduan Pendaftaran SNMPTN Tahun 2021

Selengkapnya mengenai Panduan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) Tahun 2021 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
Panduan Pendaftaran SNMPTN Tahun 2021 - DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai Panduan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..