Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Unduh PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly

PMA Nomor 32 Tahun 2020 Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly yang ditetapkan pada tanggal 30 November 2020 oleh Menteri Agama dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 3 Desember 2020. PMA Nomor …

PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly
PMA Nomor 32 Tahun 2020
Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly yang ditetapkan pada tanggal 30 November 2020 oleh Menteri Agama dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 3 Desember 2020.

PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 18 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan.

Peraturan Menteri Agama Nomor 32 Tahun 2020 ini juga untuk mengganti Peraturan Menteri Agama Nomor 71 Tahun 2015 tentang Ma’had Aly yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan hukum dan kebutuhan masyarakat.

Di dalam mengembangkan rumpun ilmu agama Islam pada bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqqah fidin) berbasis Kitab Kuning dan merawat tradisi akademik pesantren, serta mempersiapkan kader ulama, maka perlu peningkatan penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan Ma’had Aly.

Ma’had Aly merupakan Pendidikan Pesantren jenjang Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pesantren dan berada di lingkungan Pesantren dengan mengembangkan kajian keislaman sesuai kekhasan Pesantren ang berbasis Kitab Kuning secara berjenjang dan terstruktur.

Ma’had Aly mempunyai tujuan mencetak ulama yang mempunyai kedalaman ilmu agama Islam (tafaqqah fidin) berbasis Kitab Kuning, berakhlak mulia, dan berwawasan global, serta memiliki komitmen kebangsaan.

Di dalam mencapai tujuan tersebut, maka Ma’had Aly melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ma’had Aly menyelenggarakan pendidikan akademik pada program :
  1. Sarjana (marhalah ula);
  2. Magister (marhalah tsaniyah); dan
  3. Doktor (marhalah tsalisah).

Ma’had Aly mengembangkan Rumpun Ilmu Agama islam dengan pendalaman bidang ilmu keislaman tertentu.

Rumpun Ilmu Agama islam tersebut meliputi takhasus :
  1. Alquran dan Ilmu Alquran;
  2. Tafsir dan Ilmu Tafsir;
  3. Hadis dan Ilmu Hadis;
  4. Fikih dan Ushul Fikih;
  5. Akidah dan Filsafat Islam;
  6. Tasawuf dan Tarekat;
  7. Ilmu Falak;
  8. Sejarah dan Perabadan Islam; dan
  9. Bahasa dan Sastra Arab.
Takhasus diselenggarakan dalam bentuk Konsentrasi Kajian berdasarkan tradisi akademik Pesantren.

Download PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly


Adapun untuk file lengkapnya mengenai PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly ini bisa anda download DISINI

Demikian informasi mengenai PMA Nomor 32 Tahun 2020 tentang Ma’had Aly yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.