Unduh Latihan Soal AKG MI Tahun 2020 Plus Kunci Jawaban

Latihan Soal AKG MI Tahun 2020 Plus Kunci Jawaban
Soal AKG MI Tahun 2020 
Tujuan dari AKG, yaitu untuk mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru madrasah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Pelaksanaan AKG juga bertujuan untuk mewujudkan tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru madrasah sebagai rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru.

Terkait dengan pelaksanaan AKG, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) pada tanggal 19 sampai dengan 23 November 2020.

Seperti yang tertuang dalam surat edaran tentang pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP Tahun 2020, diinformasikan bahwa peserta Asesmen Kompetensi Guru adalah sebagai betikut.

  1. Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Guru Madrasah Tsanawiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Bimbingan dan Konseling.
  3. Guru Madrasah Aliyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan dan Konseling.

Berikut ini adalah pembagian asesmen untuk masing masing-masing tingkat, yang bisa anda lihat pada penjelasan dibawah ini.

1. Asesmen Kompetensi Guru MI

Komposisi soal AKG guru MI meliputi; (1) Pedagogik, Literasi, Numerasi, dan Sains. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 15 butir
  • Literasi : 15 butir
  • Numerasi : 15 butir
  • Sains : 15 butir

2. Asesmen Kompetensi Guru MTs

Sasaran AKG Guru MTs hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MTs meliputi; Pedagogik dan Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling),

3. Asesmen Kompetensi Guru MA

Sasaran Asesmen Kompetensi Guru MA hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MA meliputi; Pedagogik, Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling).

Download Latihan Soal AKG MI dan Kunci Jawaban


Selengkapnya mengenai Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) MI dan kunci jawabannya, silakan Bapak/Ibu Guru bisa mengunduhnya pada tautan link berikut ini.


Demikian informasi mengenai latihan soal Asesmen Kompetensi Guru AKG MI dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat.


Lebih baru Lebih lama