Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) untuk MA Plus Kunci Jawabannya

Latihan Soal AKG MA Rekan-rekan guru madrasah, seperti yang sudah maklum bahwa tujuan dari Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah adalah untuk memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG untuk MA Plus Kunci Jawabannya
Latihan Soal AKG MA
Rekan-rekan guru madrasah, seperti yang sudah maklum bahwa tujuan dari Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah adalah untuk memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tujuan lain dari AKG, yaitu untuk mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru madrasah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Pelaksanaan AKG juga bertujuan untuk mewujudkan tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru madrasah sebagai rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru.

Terkait dengan pelaksanaan AKG tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) pada tanggal 19 sampai dengan 23 November 2020.

Seperti yang tertuang dalam surat edaran tentang pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP Tahun 2020, diinformasikan bahwa peserta Asesmen Kompetensi Guru adalah sebagai betikut.
  1. Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Guru Madrasah Tsanawiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Bimbingan dan Konseling.
  3. Guru Madrasah Aliyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan dan Konseling.
Berikut ini adalah pembagian asesmen untuk masing masing-masing tingkat, yang bisa anda lihat pada penjelasan dibawah ini.

1. Asesmen Kompetensi Guru MI


Komposisi soal AKG guru MI meliputi; (1) Pedagogik, Literasi, Numerasi, dan Sains. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 15 butir
  • Literasi : 15 butir
  • Numerasi : 15 butir
  • Sains : 15 butir

2. Asesmen Kompetensi Guru MTs


Sasaran AKG Guru MTs hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MTs meliputi; Pedagogik dan Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling),

3. Asesmen Kompetensi Guru MA


Sasaran Asesmen Kompetensi Guru MA hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MA meliputi; Pedagogik, Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:
  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling).

Download Latihan Soal AKG MA dan Kunci Jawaban


Selengkapnya mengenai Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) MA dan kunci jawabannya, silakan Bapak/Ibu Guru bisa  mengunduhnya pada tautan link berikut ini.

Demikian informasi mengenai latihan soal Asesmen Kompetensi Guru AKG MA dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.