Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020

Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat cepat dan memberikan perubahan serta perbaikan yang positif. Revolusi Industri 4.0 menjadikan Pendidikan harus memanfaatkan dan mengembangkan teknologi. Pu…

Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020
Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020 

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat cepat dan memberikan perubahan serta perbaikan yang positif. Revolusi Industri 4.0 menjadikan Pendidikan harus memanfaatkan dan mengembangkan teknologi. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi didik dan satuan Pendidikan. Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri tersebut, maka dilaksanakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (GemasTIK) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, litetasi data, dan literasi manusia.

Kompetisi ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2020 Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus menyesuaikan dengan kondisi pandemic COVID 19 sehingga akan dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai. Kondisi semikian, tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini.

Berkaitan dengan kegiatan untuk peningkatan soft skill dibidang teknologi infomasi bagi peningkatan kualitas lulusan dari Perguruan Tinggi, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi dan Komunikasi. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa seIndonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Petunjuk pelaksanaan ini disusun agar penyelenggaraan GemasTIK di tingkat perguruan tinggi, sampai kepada tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik. Kepada semua pihak yang membantu tersusunnya petunjuk pelaksanaan ini kami mengucapkan terima kasih.

PROFIL PIALA DAN MEDALI


Piala utama diberikan kepada kontingen yang meraih predikat juara umum berdasarkan perolehan Medali Juara di seluruh divisi lomba yang dikompetisikan. Pada piala utama terdapat tulisan “SAMYAKBYA PADESAWIDYA” yang memiliki terjemahan adalah “Informasi yang Benar untuk Pengetahuan”. Pada tahun 2020, telah dilakukan peremajaan piala utama baik untuk piala bergilir maupun piala tetap.

Medali juara divisi lomba GemasTIK XIII/2020 diberikan kepada Juara 1, 2, dan 3 pada masingmasing divisi lomba yang dikompetisikan. Perolehan medali juara divisi lomba ini menentukan pemberian predikat juara umum.

Selain medali juara divisi lomba, terdapat penghargaan non-medali yang diberikan yaitu:
  • Juara Lomba Poster
  • Tim Inspiratif (The Most Inspiring Team)
  • Juara Eksibisi E-Sport

KETENTUAN UMUM FINALIS


  1. Tim finalis merupakan tim yang dinyatakan lolos babak penyisihan dan tercantum namanya di pengumuman finalis.
  2. Tim finalis melakukan registrasi ulang kehadiran secara daring pada tanggal 14 s.d. 18 Oktober 2020.
  3. Lomba babak final dilaksanakan dalam ruang pertemuan daring Video Conference by Zoom Meeting untuk seluruh peserta dan dipublikasikan melalui Youtube live streaming untuk umum.
  4. Ketentuan penamaan saat Technical Meeting dan Video Conference by Zoom Meeting adalah sebagai berikut.
    • Divisi I : D01(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi II : D02(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi III : D03(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi IV : D04(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi V : D05(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi VI : D06(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi VII : D07(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi VIII : D08(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi IX : D09(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi X : D10(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas
    • Divisi XI : D11(00)_Ketua/Anggota_Nama_Universitas

Contoh penamaan : D01(13)_Ketua_Agus_Tel-U Kode D01(13) merupakan nomor urut presentasi yang diundi pada saat Technical Meeting tanggal 20 Oktober 2020.

TATA TERTIB LOMBA BABAK FINAL


  1. Seluruh tim finalis diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, yaitu technical meeting, pembukaan, presentasi dan penutupan.
  2. Setiap tim finalis wajib mengenakan pakaian sopan, rapi dan sangat disarankan mengenakan jas almamater.
  3. Setiap tim finalis sudah mempersiapkan diri 15 menit sebelum jadwal presentasi.
  4. Setiap tim finalis wajib mengaktifkan kamera, sedangkan microphone dikendalikan oleh host.
  5. Jika waktu presentasi sudah habis, maka akan dihentikan oleh panitia.
  6. Pastikan koneksi internet stabil selama pelaksanaan babak final berlangsung dan memiliki kuota internet yang cukup (estimasi adalah 1GB per jam pelaksanaan). Panitia tidak bertanggung jawab atas keadaan koneksi internet peserta.
  7. Pastikan menggunakan perangkat yang memenuhi standar atau ketentuan yang telah disampaikan oleh panitia (khususnya bagi Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber). Sedangkan untuk divisi lain, pastikan menggunakan komputer/laptop dan bukan gadget/HP. Panitia tidak bertanggung jawab atas keadaan perangkat yang tidak berfungsi dengan baik.
  8. Jika peserta dinyatakan lolos pada lebih dari 1 divisi lomba dan dijadwalkan mengikuti kompetisi pada waktu yang sama, maka peserta diharuskan memilih salah satu jadwal lomba yang menjadi prioritas untuk diikuti.
  9. Seluruh tim finalis tidak diperkenankan untuk melakukan penggantian anggota tim. Jika ada anggota yang berhalangan maka tim finalis tetap dapat mengikuti babak final dengan jumlah anggota yang ada.

Download Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020 


Selengkapnya mengenai Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020  ini bisa anda download atau unduh >>> DISINI

Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Babak Final GEMASTIK XIII Universitas Telkom Tahun 2020  yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimaksih

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.