Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Contoh Soal AKM SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat

Contoh Soal AKM SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan guru dengan mata pelajaran te…

Contoh Soal AKM SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat
Contoh Soal AKM SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan guru dengan mata pelajaran terhadap hasil belajar siswa. Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (contohnya kelas 4 SD/MI, 8 SMP/MTs, maupun 11 SMA/STM/MA), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran pada kelas yang selanjutnya. 

Hasil ujian ini tidak digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya. Sebagaimana Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan konsep asesmen Kompetensi Minimum merupakan asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswa. 

Perbedaan mendasar antara UN yang terdahulu dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Survei Karakter (SK) terletak pada Perbedaan materi dan fungsinya. Singkatnya, materi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter akan menguji kemampuan siswa dalam penguasaan konten.

Pertama Adalah AKM. Maksud dari AKM adalah singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum yang memiliki arti asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswa. Sebagaimana kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, penguasaan konten materi yang dinilai adalah literasi dan numerasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) telah merilis Contoh Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat yang dapat dipelajari untuk mengenal bentuk Kisi-Kisi dan Soal AKM SD SMP SMA SMK tahun 2021 yang akan datang. 

Selain itu, Contoh Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat ini juga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi guru maupun siswa siswa SD SMP SMA SMK Sederajat karena telah disertai dengan Kunci Jawaban. Oleh karena itu, ini bisa dinamakan Contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan) AKM SD SMP SMA SMK Sederajat. Bagi adik-adik mahasiswa yang mendapat tugas membuat contoh soal AKM, Contoh Soal dan Jawaban (Pembahasan) AKM SD SMP SMA SMK Sederajat ini mungkin juga dapat membantu.

Untuk mengakses Contoh Kisi-Kisi dan Soal AKM SD SMP SMA SMK Sederajat secara lengkap, Bapak/Ibu guru, para mahasiswa serta siswa siswi SD SMP SMA SMK dapat langsung mengakses laman Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) melalui link https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/ 


Demikian informasi mengenai Contoh Soal AKM SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.