Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI, MTs, dan MA Tahun Pelajaran 2019-2020

Kisi-kisi adalah format berbentuk matriks berisi sekumpulan informasi yang dapat dijadikan panduan dalam menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilaksanakan sebelum kegiatan penu…

Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI, MTs, dan MA Tahun Pelajaran 2019-2020
Kisi-kisi adalah format berbentuk matriks berisi sekumpulan informasi yang dapat dijadikan panduan dalam menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilaksanakan sebelum kegiatan penulisan soal. Dengan adanya kisi-kisi soal-soal yang dihasilkan akan relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab untuk tingkat MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020 secara resmi dipublikasikan melalui Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020.

USBN dilaksanakan sebagai bentuk pengukuran atas capaian kompetensi siswa yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan dengan mengacu pada SKL untuk mengetahui prestasi belajar.

Kisi-kisi USBN merupakan acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi USBN disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), terkecuali kisi-kisi USBN mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun khusus oleh Kementerian Agama. Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  • Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Komponen kisi-kisi meliputi komponen identitas dan matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes itu sendiri.Komponen identitas meliputi jenjang sekolah, program studi atau jurusan, mata pelajaran, tahun pelajaran, kurikulum, alokasi waktu, jumlah soal, dan terakhir bentuk soal.Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Download Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI Dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020 ini silahkan bisa anda unduh pada link di bawah ini:

Simpan File:
Kisi-Kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2019-2020

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020 yang merupakan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI Dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.