Kumpulan Materi/Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SD 2019

Advertisement

Kumpulan Materi/Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SD 2019

Admin Guru Madrasah
Thursday, August 1, 2019

Kumpulan Materi/Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SD 2019
Program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang sudah ada beberapa waktu yang lalu sekarang dikembangkan kembali melalui peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) berbasis zonasi. Program ini lebih diutamakan pada upaya pemerintah memintarkan pola pikir siswa berdasarkan orientasi keterampilan berpikirkerah lebih maju.

Sedangkan berbasis zonasi ini dimaksudkan mengingat luasnya wilayah negara kesatuan repubik Indonesia terbagi berbagai kepulauan/provinsi. Zonasi diperlukan guna memetakan keselarasan mutu pendidikan dengan memperhatikan ekosistem keseimbangan dan keragaman pada lingkungan masing-masing daerah terdekat, sehingga akan berjalan secara efektif dan tepat sasaran.

Jika didefinisikan yang dimaksud dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu sebuah proses berpikir secara kesatuan terdiri dari bagian-bagian dalam menjelaskan materi, merancang kesimpulan, membangun konsep/ide disampaikan kembali (representasi), menganalisis dan menumbuhkembangkan hubungan dengan melibatkan kegiatan mentalitas yang sebaiknya dimiliki oleh pendidik/ guru professional.

Contoh Materi/Modul PKP Mapel B.Indonesia

Pada kesempatan ini radarpendidikan.com akan memberikan file download materi lengkap peningkatan kompetensi pembelajaran khusunya bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar di Sekolah Dasar, namun sebelumnya saya akan berikan satu contoh modul PKP mata pelajaran Bahasa Indonesia, selangkapnya bisa di download dibagian bawah.

A. Penggunaan Kalimat Dalam Bahasa Indonesia

Tujuan dari pembelajaran mapel bahasa Indonesia ditujukan untuk meningkatkan kompetensi siswa untuk bisa berkomunikasi dalam dengan baik & benar, baik itu dilakukan secara lisan (verbal)  maupun tulis. Di samping itu bahasa Indonesia dapat untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Peserta didik dimungkinkan untuk memperoleh kemampuan berbahasanya dari bertanya, menjawab, menyanggah, memberikan saran, mengajak, dan memberikan perintah, kepada orang lain. Dengan menguasai kalimat bahasa Indonesia maka peserta didik akan lancar di dalam berkomunikasi. Dengan kalimat yang baik, runtut, peserta didik akan mudah menyampaikan informasi dan menangkap informasi dari orang lain.

Misalnya ketika peserta didik akan bertanya kepada teman maka peserta didik harus menguasai kalimat tanya, ketika akan mengajak seseorang maka peserta didik harus paham kalimat ajakan. Demikian halnya kalimat perintah, kalimat saran, kalimat penolakan, harus dikuasai, apabila peserta didik tidak menguasai jenis-jenis kalimat tersebut maka peserta didik akan mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang lain.

B. Kalimat Efektif dalam Berkomunikasi

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan dengan tepat , sehingga orang yang mendengar maupun membacanya mampu memahami apa maksudnya sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pembicara maupun penulisnya.

Dalam bahasa tulis, satusatunya komunikasi antara penulis dan pembaca adalah lewat tulisan. Jadi penulis harus menyampaikan gagasan, sehingga gagasan tersebut dipahami oleh pembaca sama seperti yang dipikirkan penulis. Bila hal itu terjadi, maka penulis telah menggunakan kalimat efektif.

Demikian halnya bila peserta didik akan menyampaikan gagasan, atau memberikan informasi kepada orang lain, maka mereka harus berusaha menggunakan kalimat efektif, agar apa yang disampaikan dipahami oleh orang lain dan tidak menimbulkan salah tafsir.

Kalimat efektif ini penting untuk memudahkan kegiatan komunikasi dalam menyampaikan ide, gagasan, pikiran, lawan bicara. Dalam kehidupan seharihari penggunaan bahasa terutama bahasa Indonesia masih saja bercampur dengan bahasa ibu atau bahasa daerahnya.

Seiring dengan perkembangan jaman pergaulan seseorang tidak hanya dilingkup daerah namun juga merambah ke lingkup internasional, akibatnya penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya bercampur dengan bahasa ibu, tetapi juga bercampur dengan bahasa-bahasa asing.

Di samping itu pergaulan anak-anak yang semakin luas menghadirkan pula bahasa anak-anak remaja yang sering disebut dengan bahasa gaul. Jika ini terus berlanjut, maka ketika menggunakan bahasa dalam situasi formal akan mengalami keterbatasan dalam berbicara/menulis

C. Aktivitas Pembelajaran

Aktivitas pembelajaran di dalam unit ini terdiri atas beberapa aktivitas, sesuai dengan Kompetensi Dasar yang telah diuraikan. Aktivitas pertama adalah aktivitas pembelajaran untuk peserta didik Sekolah Dasar.

Pemahaman tentang kalimat di dalam kehidupan kita sangat penting, karena dengan kalimat kita dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitar kita, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Apapun yang akan kita ungkapkan kepada orang, bentuk kalimatnya sudah tersedia di dalam kaidah bahasa Indonesia. Misalnya kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat ajakan, kalimat saran dan sebagainya.

Download Kumpulan Materi/Modul PKP Guru SD 2019

Untuk lebih jelasnya mengenai kumpulan materi/modul PKP untuk guru SD tahun 2019 ini bisa anda unduh melalui tautan link yang kami sediakan berikut ini.

Simpan File :
Demikian tadi penjelasang tentang materi/modul PKP Guru SD tahun 2019/2020. Semoga bermanfaat.

sumber : https://www.radarpendidikan.com