Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA)

Guru merupakan unsur yang sangat penting dalam menghasilkan pendidikan yang bermutu. Tak terkecuali guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun faktanya di lapangan, guru PAI dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti pengetahuan guru PAI terhadap manajemen dan proses pembel…

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama
Guru merupakan unsur yang sangat penting dalam menghasilkan pendidikan yang bermutu. Tak terkecuali guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun faktanya di lapangan, guru PAI dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti pengetahuan guru PAI terhadap manajemen dan proses pembelajaran terbilang belum maksimal, penguasaan teknologi yang masih rendah, termasuk maraknya paham radikal yang diajarkan kepada anak didik secara langsung maupun tidak langsung.
Untuk mengatasi persoalan tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan aplikasi siaga, dalam rangka memantau kehidupan beragama masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, penyuluh agama dapat melaporkan kondisi kehidupan agama pada daerah kerjanya dan langsung terpantau oleh kantor Kementerian Agama pusat di Jakarta.

Dengan aplikasi tersebut Menteri Agama dapat melakukan deteksi dan intervensi terhadap kondisi kehidupan beragama yang berkembang di masing-masing daerah. Datanya bisa diperoleh langsung dari penyuluh agama yang bertugas di daerah tersebut.

Selain menginput data, para penyuluh agama juga diberikan kewenangan untuk menentukan kategori kehidupan beragama di daerahnya. Terdapat tiga kategori kondisi kehidupan beragama, yaitu: aman (hijau), waspada (kuning), atau genting (merah).

Data yang masuk melalui aplikasi ini diharapkan menjadi data primer untuk melakukan intervensi kebijakan terkait kehidupan beragama di Indonesia.

Download Panduan Aplikasi SIAGA


Untuk lebih jelasnya mengenai Panduan dari Aplikasi SIAPA tersebut, anda bisa mengunduh atau mendownloadnya melalui tautan link berikut ini.

Unduh File :
Panduan Aplikasi SIAGA

Demikian informasi mengenai Panduan Aplikasi SIAGA yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.