Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kisi-kisi USBN Untuk MTs dan MA Tahun Pelajaran 2019

USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Sebenarnya, USBN adalah penjelmaan dari US. Bedanya kalau USBN itu berstandar nasional, sedangkan US berstandar satuan pendidikan (sekolah). USBN bertujuan untuk pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan …

Kisi-kisi USBN Untuk MTs dan MA Tahun Pelajaran 2019
USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Sebenarnya, USBN adalah penjelmaan dari US. Bedanya kalau USBN itu berstandar nasional, sedangkan US berstandar satuan pendidikan (sekolah).

USBN bertujuan untuk pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Untuk jenjang SD, mata pelajaran yang diujikan dalam USBN adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk program paket A, ketiga mapel tersebut ditambah IPS dan PKn. Prosedur pembuatan soalnya adalah 20-25% disiapkan oleh Pusat dan 75-80% disiapkan oleh guru atau KKG (Kelompok Kerja Guru).

Selain USBN, adik-adik jenjang SD juga harus menghadapi Ujian Sekolah. Dengan mata pelajaran Pendidikan Agama, PKn, IPS, Seni Budaya dan Ketrampilan serta Penjaskes dan Olah raga. Untuk pembuatan soal US, 100% disiapkan oleh masing-masing sekolah.

Untuk jenjang SMP, SMA, SMK sederajat, mata pelajaran yang diujikan dalam USBN adalah semua mata pelajaran. Untuk program paket B dan C juga memasukkan semua mata pelajaran dalam USBN. Prosedur pembuatan soalnya adalah 20-25% disiapkan oleh Pusat dan 75-80% disiapkan oleh guru dan dikonsolidasikan di MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa format pelaksanaan Ujian-ujian pada Madrasah untuk Tahun 2019 mengalami banyak perubahan, termasuk pelaksanaan UAMBN yang tahun ini dipangkas menjadi hanya 3 mata pelajaran yakni al-Qur’an Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Sedangkan untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada Madrasah, Direktorat KSKK Madrasah melalui Surat Edaran dengan Nomor 63/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.01.1/01/2019 tentang Ujian-Ujian Pada Madrasah menjelaskan bahwa untuk POS USBN pada Madrasah mengacu pada POS USBN yang telah diril oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

Kisi-kisi USBN MTs dan MA Tahun Pelajaran 2019

Berikut adalah Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada Madrasah Tahun 2019 yang dapat sobat unduh melalui tautan-tautan berikut:

Kisi-kisi USBN MTs
  1. Kisi-kisi Akidah Akhlak
  2. Kisi-kisi Bahasa Arab
Kisi-kisi USBN MA
  1. Kisi-kisi Akidah Akhlak
  2. Kisi-kisi Bahasa Arab
  3. Kisi-kisi Akhlak
  4. Kisi-kisi Ilmu Kalam
Demikianlah informasi tentang Kisi-kisi USBN MTs dan MA Tahun Pelajaran 2019. Semoga bermanfaat....

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.