Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Download Juknis Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017

Selasa, 05 September 2017 | Selasa, September 05, 2017 WIB Last Updated 2017-09-23T13:48:46Z
juknis sertifikasi guru madrasah 2017
Pengumuman pendaftaran sertifikasi guru (SERGUR) merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi guru-guru di Indonesia. Pada tahun 2017 ini pihak Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) telah mengadakan tes Uji Kompetensi Guru (UKG) online sebagai salah satu tahap proses sertifikasi guru.

Tahapan proses sertifikasi guru ini dilakukan dengan tujuan untuk pemetaan kompetensi, sebgaai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mana sebagai bagian dari proses penilaian kinerja agar mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.

Mengingat kuota sertifikasi guru nasional yang terbilang sangat terbatas, maka seluruh calon peserta akan bersaing secara cerdas agar dapat lolos masuk dalam program sertifikasi 2017 dan lolos untuk mengikuti PLPG 2017.

Persyaratan Peserta Sertifikasi
  1. Guru Madrasah di bawah pembinaan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama yang belum pernah memiliki sertifikat pendidik, kecuali guru yang telah berstatus definitif pada MAN Insan Cendekia se-Indonesia.
  2. Guru madrasah berstatus PNS atau Bukan PNS (GTY) pada madrasah negeri dan/atau swasta.
  3. Diangkat dalam jabatan fungsional guru sebelum tanggal 31 Desember 2005, kecuali guru yang telah berstatus definitif pada MAN Insan Cendekia se Indonesia. 
  4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan/atau Nomor PTK Kementerian Agama (NPK) serta aktif mengajar terdaftar di SIMPATIKA.
  5. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan/atau Nomor PTK Kementerian Agama (NPK) serta terdaftar aktif mengajar di SIMPATIKA.
  6. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.   
  7. Pada tanggal 1 Januari 2017 belum memasuki usia pensiun.  
  8. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah. 
  9. Guru yang linier antara kualifikasi akademik dengan mata pelajaran yang diampu dan pilihan bidang studi sertifikasi cukup melampirkan SK terakhir. 
  10. Guru yang tidak linier antara kualifikasi akademik dengan mata pelajaran yang diampu dan diangkat dalam jabatan fungsional guru sebelum tanggal 31 Desember 2005 melampirkan SK mengajar minimal 2 tahun berturut-turut.
  11. Bagi Guru yang diangkat setelah 31 Desember 2005 bidang studi sertifikasi yang dipilih harus linier dengan ijazah S1/D4.
  12. Pada tanggal 1 Januari 2018 belum memasuki usia pensiun.  
  13. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah. 

Lebih jelasnya mengenai Sertifikasi Guru Tahun 2017 ini, silakan rekan guru bisa mengunduhnya melalui tautan link berikut ini

Download File :

Demikian yang dapat Blog Guru Madrasah sampaikan. Semoga hal ini bisa bermanfaat buat rekan guru dimanapun berada.

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update