Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aplikasi Data Siswa/Stambuk Untuk Sekolah/Madrasah

Selasa, 14 Maret 2017 | Selasa, Maret 14, 2017 WIB Last Updated 2017-03-14T03:09:18Z
aplikasi data siswa/stambuk
Stambuk adalah buku yang berisi data seluruh anggota perkumpulan, komunitas, sekolah atau organisasi seperti nama, nomor indu atau nomor stambuk, daerah asal dan data-data lainnya.
Istilah stambuk masih jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan bahkan mungkin masih banyak yang asing dengan istilah ini. Namun dalam percakapan sehari-hari istilah stambuk ini digunakan untuk menyebutkan tahun angkatan siswa atau mahasiswa.

Pada stambuk siswa biasanya dimasukkan data prestasi siswa selama sekolah. Stambuk dapat juga dikatakan sebagai buku induk yang memuat data-data anggotanya seperti siswa, mahasiswa atau anggota organisasi yang dikelompokkan pertahun angkatan.

Buku induk merupakan catatan yang berisi data seluruh anggota selama sekolah atau organisasi tersebut berdiri. karena memuat begitu banyak data sehingga buku ini biasanya berukuran besar dan tebal. Buku ini biasanya dipegang oleh pihak sekolah, kampus atau organisasi sebagai arsip atau dokumentasi jika sewaktu-waktu diperlukan. Misalnya jika sekolah atau organisasi akan mengadakan reuni maka buku ini bisa dijadikan panduan untuk mendata dan menghubungi mantan anggota atau siswa.

Baca Juga : Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Sekolah

Dahulu buku ini dibuat dalam bentuk tertulis, akan tetapi saat ini juga sudah dibuat versi digitalnya sebagai cadangan jika suatu saat buku tersebut rusak. Bahkan ada juga stambuk dimasukkan dalam website sekolah atau organisasi sehingga dapat diakses lebih mudah.

Untuk versi digitalnya banyak bentuknya, dan pada kesempatan ini Guru Madrasah juga akan mencoba berbagi versi digital stambuk ini. Buat rekan guru semua bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :

BUKU DATA SISWA/STAMBUK UNTUK SEKOLAH/MADRASAH

Demikianlah informasi mengenai aplikasi buku induk siswa atau stambuk untuk sekolah. Semoga aplikasi ini bisa membantu dalam pencatatan data data siswa di sekolah/madrasah. [sumber]

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update