Aplikasi Cetak Kartu NISN dan NUPTK Terbaru

Advertisement

Aplikasi Cetak Kartu NISN dan NUPTK Terbaru

Admin Guru Madrasah
Thursday, March 16, 2017

aplikasi cetak kartu nisn dan nuptk
Sahabat dan rekan guru madrasah dmanapun Anda berada, sebagaimana yang kita ketahui. Nomor induk siswa nasional (NISN) adalah nomor identitas seorang siswa yang bersifat/berlaku secara nasional. Nomor induk ini didapatkan siswa pada saat sekolah dasar (SD) dan akan terus digunakan/berlaku hingga selesai menempuh pendidikan sampai tingkat SMA. NISN merupakan salah satu data identitas siswa yang penting dan sering kali dijadikan salah satu kelengkapan identitas siswa yang harus diisi ketika mengikuti suatu kegiatan. Adapun NISN yang telah divalidasi biasanya digunakan untuk:
  • Salah satu persyaratan untuk mendaftarkan siswa ke jenjang sekolahyang lebih tinggi untuk pendataan pada data dapodik sekolah.
  • Identitas pada rapor
  • Identitas pada kartu pelajar
  • Identitas pada kartu ujian
  • Identitas pada buku induk
  • Surat keterangan siswa
  • Data siswa pada piagam/penghargaan tertentu
  • Ijazah/ SKHU
  • Dan lain-lain
Namun terkadang terjadi kekeliruan pada saat pengecekan NISN. Biasanya antara identitas siswa dan nomor induk tidak sama, misalnya nomor induk yang diinput pada laman cek NISN muncul identitas siswa lain.Dan permasalahan ini sering sekali terjadi pada operator sekolah yang akan sinkronisasi data dapodik sekolah. Kesalahannya mungkin kurangnya digit nomor induk atau kesalahan penulisan salah satu angka pada 10 digit nomor induk siswa nasional. Dan masalah lain adalah kadang ada satu nama yang mempunyai dua NISN, padahal data yang tertera sama, baik itu nama, jenis kelamin dan tempat tanggal lahir, tapi NISN yang muncul sama persis.

Baca Juga : Aplikasi Data Siswa/Stambuk untuk Sekolah/Madrasah

Dan agar tidak terjadi kesalahan sebaiknya jika nomor induk siswa nasional telah dipastikan benar dan telah valid sebaiknya segera dicetak supaya suatu saat jika diperlukan bisa lebih cepat melengkapi data dan tidak perlu lagi menanyakannya kepada operator sekolah hanya untuk memastikan validnya data NISN.

Nah oleh karena itu untuk membantu para guru di sekolah, maka pada kesempatan kali ini admin Guru Madrasah akan memberikan solusi untuk permasalahan cetak NISN dengan menggunakan aplikasi cetak kartu NISN. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan cetak kartu NUPTK yang dapat bapak/ibu guru pergunakan untuk mencetak kartu NUPTK masing-masing. Silahkan download aplikasi cetak kartu NISN dan NUPTK pada link berikut :

CETAK KARTU NISN DAN NUPTK

Itulah mengenai cetak kartu NISN dan NUPTK. Semoga aplikasi ini bisa membantu rekan-rekan guru madrasah dimanapun Anda berada.