Sunday, March 10, 2019

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013



Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013
Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga pemerintah memiliki tanggungjawab dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya.

Membentuk generasi cerdas dan sejahtera lahir-batin menjadi core (inti) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran PAI (Fikih, SKI, Al-qur’an Hadis, Akidah Akhlak dan bahasa Arab).


Secara filosofis, mata pelajaran PAI yang diajarkan bertujuan mendekatkan pencapaian kepada generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) jalan menuju pencapaian itu tentu tidak sebentar, tidak mudah dan tidak asal-asalan namun tidak juga mustahil dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar terencana (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terencana dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 adalah dengan menyediakan sumber belajar yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa.

Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku MI (kelas 3 dan 6), MTs (kelas 9) dan MA (kelas 12) adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

Dengan selesainya buku K-13 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus menyampaikan ilmu yang dimilikinya.


PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:

  1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.
  2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Ada pelajaran tertentu yang hanya memuat satu materi ajar. Hal ini disebabkan karena sempitnya materi pembelajaran.
  4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:
    • Amati gambar dan perhatikan: pengantar singkat berupa narasi yang menarik tentang tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambargambar
    • Penasaran: berisi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi
    • Buka Cakrawalamu: berisi materi pembahasan
    • Kembangkanlah Wawasanmu: berupa tugas kegiatan atau pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan peserta didik
    • Refleksi: merupakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali materi dan juga untuk mengembangkan materi untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk saat ini
    • Ayo Berlatih: berisi latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
    • Rangkuman: berisi rangkuman penting dari materi yang telah diuraikan
    • Mutiara Hikmah: berisi ajakan kepada peserta didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut dapat disesuaikan dengan situasi sekolah.

Download Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013


bagi rekan-rekan guru yang memerlukan Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013 ini silakan bisa mengunduhnya melalui tautan atau link yang kami sediakan berikut ini.

Unduh File :

Demikian informasi mengenai Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat....

Baca Juga :



Copyright © 2020. Guru Madrasah - Portal Informasi Guru Madrasah Indonesia