Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tahun 2024

Pedoman AKA-PDBK 2024 Guru madrasah.com - Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatk…

Pedoman Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tahun 2024
Pedoman AKA-PDBK 2024

Guru
madrasah.com - Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatkan tantangan berkarya dan berekspresi. Kegiatan ajang talenta merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju Profil Pelajar Pancasila.

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan berbagai ajang talenta di berbagai bidang dalam kerangka kebijakan Manajemen Talenta Nasional (MTN), diantaranya Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) untuk peserta didik penyandang disabilitas. Aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada potensi minat dan bakat peserta didik. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar dan karir profesional peserta didik.

Dalam rangka peningkatan prestasi yang sekaligus meningkatkan sumber daya manusia pada bidang sains, seni, dan olahraga untuk kemandirian Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tahun 2024.

Penyelenggaraan AKA-PDBK sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kreasi dan sebagai ajang apresiasi bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Melalui AKA-PDBK diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap sains, seni, dan olahraga sehingga memberikan inspirasi kepada mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia, kebugaran jasmani, menumbuhkan etos kerja, dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa serta menumbuhkembangkan kemandirian.

AKA-PDBK menggali potensi dan melejitkan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang Sains, Teknologi, seni, olahraga, dan vokasi untuk memberikan dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk mengaktualisasikan diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki PDBK.

Selain itu diharapkan agar Peserta Didik Penyandang Disabilitas dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya serta mewujudkan karya-karya nyata yang diminati oleh Peserta Didik Penyandang Disabilitas sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

Tujuan

  1. Sebagai wadah untuk berkreasi, menampilkan karya kreatif dan inovatif di bidang seni, olahraga, vokasi, dan literasi.
  2. Mengembangkan ekspresi sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa.
  3. Mengembangkan ekspresi sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa.
  4. Meningkatkan kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri di bidang seni, olahraga, vokasi, dan literasi.
  5. Menumbuhkembangkan sikap sportivitas, kompetitif, dan jiwa kepemimpinan.
  6. Menumbuhkembangkan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus.

Hasil yang diharapkan

  1. Tersedianya wadah bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk berkreasi.
  2. Meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa.
  3. Meningkatnya kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan

Berkas Unduhan


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.