Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pembukaan Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG bagi Guru Madrasah Tahun 2024, Cek Syaratnya

PPG guru Madrasah 2024 Guru madrasah.com - Salah satu tujuan pendidikan adalah menghasilkan alumni yang berkualitas. Karena itu, peran guru menjadi penting di setiap institusi pendidikan. Sayangnya, tidak setiap guru memiliki kemampuan dan kelayakan untuk menjadi tenaga pengaja…

Pembukaan Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG bagi Guru Madrasah Tahun 2024
PPG guru Madrasah 2024

Guru
madrasah.com - Salah satu tujuan pendidikan adalah menghasilkan alumni yang berkualitas. Karena itu, peran guru menjadi penting di setiap institusi pendidikan. Sayangnya, tidak setiap guru memiliki kemampuan dan kelayakan untuk menjadi tenaga pengajar. Sehingga, program sertifikasi guru digagas sebagai solusi atas masalah tersebut.

Program sertifikasi guru adalah sebuah program yang digagas oleh pemerintah. Pengadaan program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Yaitu melalui pembinaan dan sertifikasi. Sehingga, semakin banyak guru yang memiliki kelayakan untuk mengajar.

Setelah menyelesaikan program, guru yang lolos sertifikasi akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut akan ditandatangani oleh kampus atau perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi. Dan menjadi bukti bahwa guru tersebut sudah memenuhi standar kelayakan dan memiliki kemampuan profesional sebagai guru.

Pembukaan Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG bagi Guru Madrasah Tahun 2024

Dan pada tahun 2024 ini program PPG bagi guru madrasah akan dibuka kembali. Untuk informasi lengkapnya silakan bisa menyimak surat edaran dari Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berikut ini.

Dalam surat edaran tersebut disampaikan bahwa dalam rangka pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan pelaksanaan Seleksi Akademik bagi guru madrasah dengan mata pelajaran sebagaimana terlampir. Oleh karena itu perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pendaftaran calon peserta bagi guru yang memenuhi syarat dilaksanakan secara daring melalui SIMPATIKA mulai tanggal 19 - 23 Februari 2024 (persyaratan terlampir);
  2. Verifikasi dan validasi persyaratan pendaftaran Seleksi Akademik PPG dilaksanakan pada tanggal 19 – 25 Februari 2024 oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi;
  3. Pencetakan Kartu Ujian Seleksi Akademik dari SIMPATIKA tanggal 28 - 29 Februari 2024.
  4. Informasi teknis terkait pelaksanaan Seleksi Akademik tertera di Kartu Ujian;
  5. Sosialisasi penggunaan aplikasi seleksi akademik dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2024;
  6. Uji Coba Sistem Seleksi Akademik dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 Maret 2024;
  7. Pelaksanaan Seleksi Akademik pada tanggal 5 - 6 Maret 2024;
  8. Pengumunan hasil Seleksi Akademik di SIMPATIKA pada tanggal 7 Maret 2024.

PERSYARATAN PENDAFTAR SELEKSI AKADEMIK PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN BAGI GURU MADRASAH TAHUN 2024

  1. Terdata aktif di SIMPATIKA sebagai guru tetap dengan satuan administrasi pangkal (satminkal) di Madrasah;
  2. Belum pernah mengikuti program sertifikasi guru dan memiliki sertifikat pendidik;
  3. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4 yang linier dengan mata pelajaran PPG yang dipilih sesuai dengan regulasi linieritas;
  4. Memiliki NPK;
  5. Memiliki SK pengangkatan sebagai guru dengan TMT paling lama 31 Desember 2015;
  6. Berusia maksimal 58 (lima puluh delapan) tahun di bulan Februari 2024.
  7. Kuota pelaksanaan seleksi akademik sejumlah 60.000 (enam puluh ribu) peserta ujian yang ditentukan berdasarkan prioritas sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Berkas Unduhan

SE Pembukaan Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG bagi Guru Madrasah Tahun 2024


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.