Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2024 oleh Sekolah

Pengisian PDSS 2024 Guru madrasah.com - Dokumen ini berisi panduan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). PASTIKAN bata…

Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2024 oleh Sekolah
Pengisian PDSS 2024

Guru
madrasah.com - Dokumen ini berisi panduan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan umum yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:
  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jenis Studi & Kuota. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB dan pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda dapat menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detail akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.
  7. Selanjutnya adalah mendefiniskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon perhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga. Akan ada perbedaan cara pengisian untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013. Bagian ini dijelaskan lebih lanjut pada bagian 6.
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan Anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda dapat melakukan pengisian per siswa atau secara bulk upload.
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan Anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  13. Anda masih dapat melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat finalisasi data nilai/akhir belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.
Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah menghadapi kesulitan dalam pengisian PDSS, silakan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan pada halaman kontak SNPMB.

Sekolah harus melakukan login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang dapat melakukan login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal SNPMB.

Berkas Unduhan

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.