Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Hadits Arbain ke-3: Rukun Islam dan Hukum Meninggalkan Shalat

Hadits Arbain Ke-3 Guru madrasah.com - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penjelasan rukun Islam, sekaligus ada pelajaran tentang hukum meninggalkan shalat. Kita bisa pahami dari hadits yang ke-3 dari Arbain An-Nawawiyah berikut ini.

Hadits Arbain Ke 3: Rukun Islam dan Hukum Meninggalkan Shalat
Hadits Arbain Ke-3

Guru
madrasah.com - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penjelasan rukun Islam, sekaligus ada pelajaran tentang hukum meninggalkan shalat. Kita bisa pahami dari hadits yang ke-3 dari Arbain An-Nawawiyah berikut ini.

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ “

Dari Abu ‘Abdurrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini adalah riwayat Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma. Imam Nawawi rahimahullahu ta’ala menyebut radhiyallahu anhuma karena perawi hadits ini dan ayahanda beliau, keduanya sama-sama sahabat. Umar disini adalah Umar bin Khattab radhiyallahu anhuma. Umar bin Khattab radhiallahu anhu yang meriwayatkan hadits yang pertama dan kedua dari Arbain Nawawi ini. Hadits yang pertama riwayat Umar, hadits yang kedua juga riwayat Umar bin Khattab, kemudian hadits yang ketiga adalah riwayat dari putra beliau Abdullah yang merupakan salah satu sahabat junior. Dahulu dikenal ada empat orang Abdullah yang sebaya yang dikenal sebagai Al Abadillah al-Arba’ah (Empat orang yang bernama Abdullah), yaitu: Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Amr bin Al-Ash.

Beliau termasuk salah satu sahabat yang dikenal sangat mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengikuti sunnah beliau dengan sangat hati-hati. Abdullah bin Umar juga merupakan salah satu perawi hadits utama dengan riwayat hadits paling banyak dan beliau meninggal pada tahun 73 Hijriyah.

Dalam hadits ini beliau menyampaikan bahwasanya beliau mendengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda bahwa Islam itu dibangun diatas lima perkara:
  1. Bersyahadat Laa ilaaha illallah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya
  2. Menegakkan shalat
  3. Menunaikan zakat
  4. Haji ke Baitullah
  5. Puasa pada bulan ramadhan.

Kalau kita melihat kandungan hadits ini, kita ingat sebagian kandungan hadits yang kedua ketika kita membahas tentang Islam, iman dan ihsan. Di sana sudah kita masih bersama bahwasanya Islam itu adalah bersyahadat. Bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali hanya Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Kemudian menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan dan haji ke Baitullah jika engkau mampu. Demikian disebutkan dalam hadits yang kedua dahulu.

Sekilas, ini sama dengan apa yang sudah kita pelajari pada hadits yang kedua, namun Imam Nawawi rahimahullahu ta’ala tetap menyebutkan hadits yang ketiga ini karena kandungannya tidak sama persis dengan hadits yang kedua.

Ada beberapa perbedaan yang kita dapatkan dari hadits yang ketiga ini dibandingkan potongan hadits yang kedua dahulu. Yaitu yang pertama kalau pada hadits yang kedua disebutkan Islam itu adalah lima ini, dalam hadits yang ketiga ini Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwasanya kelima perkara ini adalah rukun Islam, kelima perkara ini adalah pokok dari bangunan Islam.

Beliau mengumpamakan bahwa Islam adalah sebuah bangunan. Islam itu laksana bangunan yang memiliki bagian yang banyak. Dan bagian-bagian ini tidak sama kedudukannya, tidak sama fungsi dan perannya dalam bangunan itu. Ada yang memiliki fungsi yang vital (pokok), ada yang fungsinya sekunder (tetap penting tapi dia tidak primer seperti yang pertama). Kemudian ada juga bagian dari bangunan yang sifatnya adalah hiasan.

Di sini beliau menyebutkan bahwasannya diantara rukun atau pilar atau bagian utama dari bangunan Islam adalah lima rukun Islam ini. Maka beliau mengatakan Islam itu dibangun di atas lima perkara. Hadits ini menjelaskan bahwasanya lima rukun ini adalah lima hal yang paling penting dalam bangunan Islam. Lima hal yang kalau ditinggalkan maka hukumnya tidak sama dengan meninggalkan bagian-bagian Islam yang lain.

Kemudian yang kedua adalah perbedaan urutan. Dihadits yang kedua urutannya adalah syahadat, shalat, zakat, puasa ramadhan dan kemudian haji. Sedangkan dihadits yang ketiga ini Ibnu Umar meriwayatkan bahasanya urutannya adalahsyahadat, shalat, zakat, haji, baru kemudian puasa ramadhan.

Ada perbedaan urutan di sini dan ketika dirujuk oleh sebagian perawi, Ibnu Umar menjelaskan bahwasanya yang beliau dengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mendahulukan puasa sebelum Haji. Yakni seperti yang disebutkan dalam hadits yang kedua. Jadi urutannya adalah:
  1. Syahadat Laa Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah
  2. Menegakkan shalat,
  3. Menunaikan zakat
  4. Puasa Ramadhan
  5. Haji ke Baitullah

Yang terjadi pada hadits yang ketiga ini adalah redaksi dari sebagian rawi. Kita mengetahui bahwasanya hadits itu boleh diriwayatkan secara makna. Tidak seperti Al-Qur’an yang harus persis, tidak boleh ada perubahan sama sekali. Adapun hadits-hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam boleh diriwayatkan secara arti, secara makna saja. Secara redaksinya mungkin berbeda-beda tapi maknanya sama. Selagi tidak memberikan perubahan yang besar kepada hadits yang diriwayatkan.

Di sini Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwasanya rukun Islam atau pilar Islam itu ada lima. Yaitu:

SYAHADAT

شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ

“bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah”

Ini adalah pintu gerbang Islam. Ini adalah sesuatu yang mutlak dalam Islam yang tanpanya kita tidak dianggap Islam. Dalam hadits yang lainnya, yaitu hadits yang ke-29 dari Arbain Nawawi ini, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa ssalam menyebutkan, ‘رَأْسُ اْلأَمْرِ اْلإِسْلاَمُ‘ (pokok perkara adalah Islam). Yang ditafsirkan oleh riwayat yang lain, pokok perkaranya adalah dua syahadat.

Jadi, dalam hadits itu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwasannya syahadat ini adalah pokok perkara dalam Islam. Lebih penting dari rukun Islam yang lain karena ini adalah gerbang kita menuju Islam, gerbang kita menuju pengakuan bahwa kita adalah bagian dari umat yang besar ini. Bagaimana kita masuk ke sana? Kita masuk ke sana dengan bersyahadat bahwasanya Lailahaillallah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya Allah subhanahu wa ta’ala saja.

Jadi kita menafikan seluruh peribadatan untuk selain Allah subhanahu wa ta’ala dan menetapkan ibadah semata-mata hanya untuk Allah subhanahu wa ta’ala.

Jangan kita hanya mengucapkan Lailahaillallah tapi tidak memahami kandungannya. Jangan kita seperti sebagian orang yang mudah mengatakan Lailahaillallah tapi tidak paham kandungannya, tidak paham konsekuensinya, sehingga meskipun sudah Lailahaillallah tapi masih jatuh dalam kesalahan-kesalahan fatal dalam agama ini.

Dahulu, orang-orang musyrikin pada zaman Jahiliyah merasa berat untuk mengucapkan Lailahaillallah. Kenapa? Karena mereka tahu maknanya. Mereka adalah orang-orang Arab yang asli. Mereka adalah orang-orang yang paham apa yang dimaksud dengan kata yang agung ini. Maka banyak dari mereka enggan karena tahu konsekuensinya yang berat. Sementara ada sebagian orang dizaman kita yang yang mudah untuk mengucapkan Lailahaillallah tapi kemudian mereka masih jatuh dalam kesalahan-kesalahan yang menunjukkan bahwasannya mereka tidak tahu apa yang mereka ucapkan tersebut.

Lailahaillallah menuntut kita untuk meninggalkan ibadah kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala dan hanya memberikan ibadah untuk Allah subhanahu wa ta’ala saja. Maka ini punya konsekuensi. Menuntut dari kita untuk meninggalkan segala bentuk syirik. Baik yang berupa syirik besar. Misalnya berdoa kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala, menyembah kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala, menyembelih untuk selain Allahsubhanahu wa ta’ala, meminta kesembuhan, kemudahan rezeki kepada selain Allahsubhanahu wa ta’ala. 

Ini semuanya adalah termasuk Syirik Akbar. Atau takut dengan rasa takut yang tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala saja. Yakni rasa takut yang diiringi dengan cinta dan pengagungan. Adapun kalau kita memiliki rasa takut kepada selain Allah subhanahu wa ta’ala tapi tidak diiringi dengan cinta dan pengagungan seperti rasa takut kita kepada binatang buas, pada ular, kegelapan malam, atau jin atau perampok, maka ini adalah rasa takut yang alami yang jika kita jatuh kepadanya kita tidak musyrik. Dan tidak masalah kita jatuh dalam rasa takut yang alami seperti itu selagi tidak menghalangi kita dari kewajiban kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Adapun rasa takut yang tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala saja adalah rasa takut yang diiringi dengan cinta dan penggagungan. Seperti rasa takut yang dimiliki oleh sebagian orang kepada orang yang sudah meninggal. Dia takut, mengagungkan dan mencintai orang tersebut pada saat yang sama. Maka ini adalah rasa takut yang tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala saja. Dan kalau kita jatuh disana maka kita jatuh dalam kemusyrikan.

Faedah hadits

  1. Islam diibaratkan sebagai sebuah bangunan yang memiliki tiang pokok yang lima.
  2. Bersyahadat “laa ilaha illallah” berarti bersaksi dan mengakui bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah.
  3. Menegakkan shalat yang dimaksud adalah mengerjakan shalat dengan memenuhi rukun dan syaratnya.
  4. Menunaikan zakat artinya mengeluarkan dan memberikannya kepada yang berhak menerima.
  5. Seseorang tidak disebut berislam hingga ia mengimani lima rukun Islam yang ada. Siapa yang mengingkari salah satunya, ia kafir. Siapa yang meninggalkannya dalam rangka meremehkan, ia termasuk orang fajir.
  6. Shalat adalah amalan badaniyah (anggota badan), zakat adalah amalan maaliyah (terkait harta).
  7. Shalat adalah amalan anggota badan dengan bentuknya mengerjakan, sedangkan puasa adalah amalan anggota badan yang sifatnya menahan diri dan meninggalkan sesuatu.
  8. Haji adalah amalan badaniyah dan maaliyah bagi orang yang mampu melakukan perjalanan.
  9. Semua bentuk rukun Islam tidak lepas dari tiga hal: (1) badzlul mahbub (mengeluarkan sesuatu yang dicintai) seperti pada zakat; (2) al-kaffu ‘anil mahbub (menahan sesuatu yang dicintai) seperti pada puasa; (3) ijhadul badan (berjuang dengan badan) seperti pada puasa dan haji.
  10. Kenapa rukun Islam hanya disebut lima saja tidak ada lainnya? Jawabnya, karena hukum syari’at ini ada yang wajib dan ada yang sunnah. Perkara yang sunnah tentu tidak jadi bagian dari rukun. Sedangkan perkara yang wajib itu ada dua macam yaitu wajib kifayah dan wajib ‘ain. Contoh wajib kifayah adalah amar makruf nahi mungkar dan berdakwah. Sedangkan yang disebut dalam rukun Islam, ada kewajiban yang terkait harta seperti pada zakat, ada kewajiban yang terkait badan seperti mengerjakan shalat; ada kewajiban yang terkait badan dan harta seperti haji; dan ada kewajiban yang terkait lisan seperti syahadat. Rukun Islam ini masuk wajib ‘ain.

Meninggalkan Syahadat dan Iman

Dijelaskan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah, yang dimaksud dengan hadits di atas, Islam itu dibangun di atas lima perkara seperti tiang untuk suatu bangunan.

Juga yang dimaksud dengan tiang tersebut adalah tiang pokok artinya kalau tidak ada tiang tersebut, tidak mungkin berdiri suatu bangunan. Adapun selain rukun Islam tadi adalah bagian penyempurna. Artinya, jika penyempurna tersebut tidak ada berarti ada kekurangan pada bangunan tersebut. Namun, itu berbeda kalau tiang pokoknya tadi tidak ada.

Jelas, Islam seseorang jadi batal jika semua rukun Islam tadi tidak ada. Ini tak ada lagi keraguan. Begitu pula ketika dua kalimat syahadatnya tidak ada, Islam juga jadi hilang. Yang dimaksud dua kalimat syahadat ini adalah keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena dalam riwayat lain disebutkan,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ إِيمَانٍ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَالصَّلاَةِ الْخَمْسِ ، وَصِيَامِ رَمَضَانَ ، وَأَدَاءِ الزَّكَاةِ ، وَحَجِّ الْبَيْتِ

“Islam itu dibangun di atas lima perkara: beriman kepada Allah dan Rasul-Nya; mendirikan shalat lima waktu; berpuasa Ramadhan; menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah.” (HR. Bukhari, no. 4514)

Dalam riwayat Muslim disebutkan dengan mentauhidkan Allah,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسَةٍ عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ

“Islam dibangun di atas lima perkara: mentauhidkan Allah; mendirikan shalat; menunaikan zakat; berpuasa Ramadhan; dan haji.” (HR. Muslim, no. 16)

Dalam riwayat Muslim lainnya disebutkan,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ عَلَى أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ وَيُكْفَرَ بِمَا دُونَهُ …

“Islam dibangun di atas lima perkara: hanya Allah yang disembah dan sesembahan selain Allah diingkari ….” (HR. Muslim, no. 16) (Lihat Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1:145)


Meninggalkan Shalat Dihukumi Kafir

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالكُفْرِ ، تَرْكَ الصَّلاَةِ

“Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, no. 82)

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلاَةُ ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

“Perjanjian yang mengikat antara kita dan mereka adalah shalat, maka siapa saja yang meninggalkan shalat, sungguh ia telah kafir.” (HR. Tirmidzi, no. 2621 dan An-Nasa’i, no. 464. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Orang yang Lupa Saja Tetap Harus Shalat

Sebagai tanda mulianya shalat, saat lupa atau ketiduran (asalkan bukan kebiasaan) tetap dikerjakan saat ingat atau tersadar.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا ، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ

“Barangsiapa yang lupa shalat, hendaklah ia shalat ketika ia ingat. Tidak ada kewajiban baginya selain itu.” (HR. Bukhari, no. 597; Muslim, no. 684)

Dalam riwayat Muslim disebutkan,

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Barangsiapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat.” (HR. Muslim, no. 684)

Moga Allah beri taufik dan hidayah.

sumber: radiorodja.com, rumaysho.com

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.