Kemenag Rilis Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023

Plt Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto (dok:pendis.kemenag.go.id) Guru madrasah.com -...

Plt Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto
Plt Direktur KSKK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Sidik Sisdiyanto (dok:pendis.kemenag.go.id)

Guru
madrasah.com - Kementerian Agama merilis hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2023 atau yang dikenal dengan Rapor AKMI 2023. Rapor AKMI 2023 dapat dilihat mulai tanggal 17 November 2023 di masing-masing akun madrasah pelaksana AKMI pada laman: portal-akmi.kemenag.go.id.

Plt. Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, Muchamad Sidik Sisdiyanto mengatakan Rapor AKMI bersifat rahasia, hanya untuk siswa, orang tua, guru, kepala madrasah, dan Kemenag. Akan tetapi, lanjut Sidik, masyarakat umum bisa memperoleh informasi terkait hasil AKMI di portal yang sama, di waktu yang akan ditentukan kemudian.

“Rapor AKMI juga memberikan rekomendasi yang dapat digunakan oleh orang tua, guru, kepala madrasah, hingga pemangku kepentingan yang lebih tinggi dalam menyusun strategi peningkatan kompetensi setiap siswa madrasah dalam berliterasi,” kata Sidik di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Dikatakan Sidik, rapor AKMI berisi hasil diagnostik kemampuan siswa dalam empat literasi yaitu literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Menurutnya, dalam rapor AKMI, kemampuan anak dalam berliterasi dipetakan ke dalam lima tingkat kemahiran yaitu Perlu Pendampingan, Dasar, Cakap, Terampil, dan Perlu Ruang Kreasi.

“Setiap tingkat kemahiran memiliki strategi tersendiri untuk ditingkatkan ke tingkatan yang lebih tinggi. Dan secara nasional, hasil AKMI 2023 menunjukkan bahwa kompetensi siswa MI berada pada tingkat Cakap untuk semua literasi yang diukur,” pungkas Sidik.

Ketua PMU REP MEQR Abdul Rouf, menambahkan bahwa AKMI 2023 diikuti oleh 342.987 siswa dari 11.318 Madrasah Ibtidaiyah (MI) seluruh Indonesia dan telah berlangsung 2 – 14 Oktober 2023. AKMI merupakan bagian dari program Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) atau Reformasi Madrasah, Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan Bank Dunia.

Sebelumnya, ribuan instruktur telah diterjunkan untuk melatih guru madrasah dalam membaca rapor AKMI untuk kemudian membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan menjadi rencana peningkatan pembelajaran di madrasah masing-masing.

sumber: kemenag.go.id

Related

AKMI 4200374633053482060

Post a Comment

CLOSE ADS
CLOSE ADS
item