Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa DAAD EPOS S2-S3 2024 di Jerman, Simak Inilah Syaratnya

Daftar Isi
Beasiswa DAAD EPOS S2-S3 2024 di Jerman, Simak Inilah Syaratnya
Beasiswa DAAD EPOS

Guru
madrasah.com - Badan Layanan Pertukaran Akademik Jerman (DAAD) membuka beasiswa S2 dan S3 bidang pembangunan (EPOS) untuk tahun akademik 2024-2025. Batas tanggal pendaftaran berbeda-beda sesuai ketentuan kampus pilihan.

Beasiswa EPOS DAAD 2024-2025 diperuntukkan bagi lulusan dengan pengalaman profesional minimal 2 tahun. Penerima beasiswa S2 akan mendapat uang bulanan sekitar Rp 15,6 juta, sedangkan awardee S3 sekitar Rp 20 juta, seperti dikutip dari laman resminya.

Para penerima beasiswa EPOS DAAD diharapkan menempuh pendidikan di Jerman dan mendukung pembangunan berkelanjutan di negara asal.

Beasiswa DAAD 2024 – 2025 didanai Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Yang menarik, meskipun pelamar memiliki pendanaan secara mandiri atau menerima beasiswa dari pemerintah atau sumber lain, mereka juga berkesempatan mendaftar program beasiswa DAAD.

Komponen Beasiswa S2-S3 Jerman 2024 EPOS DAAD

  1. Uang bulanan sekitar Rp 15,6 juta untuk mahasiswa S2 dan Rp 20 juta untuk mahasiswa S3
  2. Dana perlindungan asuransi kesehatan dan kecelakaan
  3. Tunjangan perjalanan, kecuali ditanggung negara asal atau mendapat sumber pendanaan lain
  4. Manfaat tambahan (dalam keadaan tertentu, tidak berlaku umum):
    • Subsidi sewa bulanan
    • Tunjangan bulanan untuk anggota keluarga pendamping

Kriteria Pendaftar

  1. Memenuhi syarat akademik
  2. Diharapkan akan berhasil merampungkan studi di Jerman (hasil di atas rata-rata untuk ujian akademik pertama, cakap berbahasa)
  3. Lulusan S1 (lazimnya 4 tahun) di prodi yang sesuai, dengan hasil sepertiga teratas rata-rata
  4. Pengalaman profesional minimal 2 tahun
  5. Membuktikan motivasi berkaitan dengan pembangunan
  6. Diharapkan setelah lulus dapat melaksanakan tanggung jawab sosial, menginisiasi dan mendukung perubahan di lingkungan profesionalnya maupun personal
  7. Tidak tinggal di Jerman lebih dari 15 bulan pada batas waktu pendaftaran
  8. Jika mengambil kuliah dalam bahasa Jerman, tingkat bahasa Jerman minimal B1 saat melamar, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku
  9. Jika mengambil kuliah dalam bahasa Jerman, maka ikut kursus yang terintegrasi dengan beasiswa selama 6 bulan dan lulus ujian bahasa SDH 2/TestDaf 4 sebelum mulai kuliah
  10. Jika mengambil kuliah dalam bahasa Inggris, sertakan sertifikat IELTS (band 6) atau TOEFL dengan skor minimal 500 (paper-based), 213 (computer-based), atau 80 (internet-based)
  11. Sesuaikan kemampuan bahasa dan skornya dengan syarat prodi yang diminati

Dokumen aplikasi

  1. Ceklis yang dicentang dan ditandatangani (DONWLOAD)
  2. Formulir aplikasi DAAD (DOWNLOAD)
  3. CV yang telah ditandatangani (menggunakan formulir Europass)
  4. Satu Surat Motivasi dengan referensi terperinci untuk alasan akademik, profesional, dan pribadi dalam melamar program
    • PENTING: Jika mendaftar untuk lebih dari satu program pascasarjana (maksimal 3 program), harap berikan juga alasan rinci untuk pilihan program dan prioritas Anda dalam surat motivasi. Mohon kirimkan surat motivasi yang seragam untuk semua program gelar pascasarjana pilihan Anda.
  5. Surat rekomendasi dari universitas, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop tertutup)
  6. Surat rekomendasi dari tempat kerja/atasan, memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi (tidak dimasukkan dalam amplop terutup)
  7. Surat keterangan kerja dari atasan yang memperlihatkan minimum 2 tahun pengalaman kerja relevan dan jika memungkinkan disertai jaminan mempe kerjakan lagi jika telah kembali
  8. Bukti keterampilan bahasa: IELTS atau TOEFL untuk perkuliahan dengan bahasa Inggris atau DSH atau TestDaF untuk perkuliahan berbahasa Jerman.
  9. Salinan ijazah gelar akademik dilegalisir (disertai terjemahan jika tidak berbahasa Inggris atau Jerman)
  10. Salinan transkrip nilai, dan skala penilaian (disertai terjemahan jika berbahasa Inggris atau Jerman)

Panduan beasiswa DAAD 2024 - 2025 dapat diunduh DISINI.


Pendaftaran

Pengajuan aplikasi Beasiswa DAAD Epos 2024 - 2025 disampaikan langsung ke masing-masing program yang ingin dilamar. Alamat website dan petunjuk tertera di panduan. Deadline juga ditetapkan masing-masing, berkisar Agustus 2023 s/d Maret 2024.

Pelamar bisa memilih hingga tiga jurusan. Pihak universitas yang akan mempertimbangkan kandidat potensial dan mengusulkannya ke pihak DAAD. Berikutnya pihak DAAD akan menghubungi kandidat potensial yang diusulkan oleh universitas Jerman dan meminta pelamar mengunggah aplikasi lengkap di laman portal DAAD. Pastikan Anda tetap memiliki salinan PDF dari masing-masing dokumen aplikasi di atas untuk nantinya diunggah di laman portal DAAD. Jika memang terpilih sebagai kandidat yang diusulkan oleh pihak universitas.


Post a Comment for "Beasiswa DAAD EPOS S2-S3 2024 di Jerman, Simak Inilah Syaratnya"