Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023

Daftar Isi
Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023
Pedoman POMNas Tahun 2023

Guru
madrasah.com - Ajang POMNas XVIII merupakan bagian program pengembangkan talenta dan prestasi olahraga mahasiswa di usia emas (golden age) untuk mendukung prestasi olahraga Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

Ajang POMNas dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Sebelumnya dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan sejak 3 tahun terakhir dilanjutkan pelaksanaannya oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui organisasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI).

Pada tahun 2023 POMNas XVIII diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Pemda Provinsi Kalimantan Selatan dan BAPOMI serta seluruh pemangku pembinaan olahraga. POMNas XVIII tahun 2023 mempertandingkan 16 cabang olahraga yang terdiri dari games/permainan, beladiri dan konsentrasi.

Buku Pedoman ini memberikan gambaran secara menyeluruh terkait pelaksanaan POMNas XVIII sehingga dapat dijadikan acuan bagi seluruh pihak dalam mengikuti seluruh rangkaian POMNas XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan dengan sebaik-baiknya. 

Untuk itu, teriring kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Rektor ULM, Sekretaris Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Umum KONI Provinsi Kalimantan Selatan, Pimpinan PTN dan PTS di Provinsi Kalimantan Selatan yang telah bersedia sebagai tuan rumah penyelenggaraan POMNas XVIII tahun 2023.

Tujuan

  1. Memupuk dan meningkatkan persatuan; kebersamaan; persahabatan antar mahasiswa se Indonesia;
  2. Memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika;
  3. Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa;
  4. Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa;
  5. Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa;
  6. Membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan nternasional;
  7. Menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga;
  8. Menumbuhkembangkan solidaritas dan nasionalisme dan cinta tanah air.

Tema

Tema POMNas XVIII tahun 2023 adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi”

Tagline

POMNas Berprestasi, Indonesia Unggul.

Sasaran

Atlet adalah warga negara Indonesia yang berstatus mahasiswa aktif yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dan memenuhi persyaratan mahasiswa aktif dan batasan usia yang ditetapkan.

Ruang Lingkup

  • Pedoman Teknis Pelaksanaan POMNas sebagai acuan pelaksanaan POMNas tahun 2023 yang dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab;
  • Panitia pelaksanaan POMNas tingkat daerah tahun 2023 adalah BAPOMI provinsi berkoordinasi dengan PENGPROV/PENGDA masing-masing cabang olahraga;
  • Panitia pelaksana POMNas tingkat nasional tahun 2023 adalah BAPOMI Provinsi Kalimantan Selatan, Balai Pengembangan Talenta Indonesia, berkoordinasi dengan BAPOMI Pusat;
  • Jangkauan wilayah pelaksanaan POMNas tahun 2023 adalah seluruh mahasiswa dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia;
  • Pelaksanaan POMNas tahun 2023 adalah kompetisi olahraga antar mahasiswa baik jenjang diploma, sarjana maupun pascasarjana yang dilaksanakan mulai dari tingkat daerah hingga tingkat nasional bekerjasama dengan BAPOMI dan Pengda/Pengprov masing-masing cabang olahraga yang diselenggarakan pada POMNas 2023;
  • Pengawasan kompetisi dilakukan oleh BAPOMI, BPTI, tim pemandu bakat, tim keabsahan, lembaga pendidikan tinggi/universitas, panitia pusat, dan bantuan teknologi.

Download Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023

Selengkapnya mengenai Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023 ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi mengenai Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023 yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat..

Post a Comment for "Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas)Tahun 2023"