Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Asesmen Nasional 2023: Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) AN

Adiksimba AN 2023 Guru madrasah.com - Buku Saku Asesmen Nasional (AN) dengan judul “Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) Asesmen Nasional” ini selesai disusun. Buku Saku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi seputar AN secara ringkas, pra…

Buku Asesmen Nasional 2023: Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) AN
Adiksimba AN 2023

Guru
madrasah.com - Buku Saku Asesmen Nasional (AN) dengan judul “Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) Asesmen Nasional” ini selesai disusun. Buku Saku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi seputar AN secara ringkas, praktis, dan mudah dipahami.

Asesmen Nasional (AN) sebagai salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian pada jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bertujuan untuk mengukur hasil belajar kognitif, hasil belajar nonkognitif, dan kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. Asesmen Nasional tidak bertujuan untuk mengukur hasil belajar individu peserta didik dan tidak untuk pemeringkatan antar satuan pendidikan/daerah.

Buku Adiksimba AN ini berisi tentang 1) apa itu Asesmen Nasional, 2) mengapa perlu Asesmen Nasional, 3) siapa peserta Asesmen Nasional, 4)kapan pelaksanaan Asesmen Nasional, 5) dimana Asesmen Nasional dilaksanakan, dan 6) bagaimana Asesmen Nasional dilaksanakan. Besar harapan kami agar Buku Adiksimba AN ini dapat dimanfaatkan dan menjadi salah satu sumber informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholder) di daerah maupun satuan pendidikan untuk memahami Asesmen Nasional, yang pada akhirnya dapat memberi dampak positif dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pelaksanaan Asesmen Nasional yang akan datang.

Apa itu Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Asesmen nasional bertujuan untuk mengukur :
  1. Hasil belajar kognitif
  2. Hasil belajar nonkognitif
  3. Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional tidak bertujuan untuk mengukur hasil belajar individu peserta didik dan tidak untuk pemeringkatan antar satuan pendidikan/daerah.

Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek pada Asesmen Nasional yaitu :
  1. Instrumen Asesmen Kompentensi Minimum (AKM), digunakan untuk mengukur Hasil belajar kognitif.
  2. Instrumen Survei Karakter, digunakan untuk mengukur Hasil belajar non kognitif.
  3. Instrumen Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), digunakan untuk mengukur Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Mengapa Perlu Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional sebagai bentuk Evaluasi Sistem Pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif untuk menghasilkan Profil Pendidikan.

Profil Pendidikan merupakan laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi sistem pendidikan yang digunakan sebagai landasan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan penetapan rapor pendidikan

Profil pendidikan tersebut terdiri dari:
  1. Profil Satuan Pendidikan;
  2. Profil Pendidikan Daerah; dan
  3. Profil Pendidikan Nasional.

Profil Pendidikan tersebut dapat membantu satuan pendidikan dan Pemerintah dalam mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan, kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program serta strategi membenahi akar masalah tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan.

Download Buku Saku Adiksimba Asesmen Nasional 2023

Selengkapnya mengenai Buku Asesmen Nasional 2023: Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) AN ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi mengenai Buku Saku Asesmen Nasional Adiksimba Tahun 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.