Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Guru madrasah.com - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) menjadi bentuk evaluasi baru di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui…

Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama

Guru
madrasah.com - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) menjadi bentuk evaluasi baru di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam.

AKMI merupakan evaluasi yang digunakan untuk memetakan mutu sistem pendidikan dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi.

Kompetensi peserta didik yang diukur tersebut adalah Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai AKMI, berikut adalah pengertian AKMI, tujuan, fungsi, sasaran, dan pelaksanaannya.

Pengertian AKMI

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Hasil asesmen tersebut dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Kebijakan Pelaksanaan AKMI

Beberapa hal yang mendasari kebijakan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia antara lain:

Peran Kanwil Provinsi

  1. Menentukan tim Database Manager (DM) AKMI
  2. Memverifikasi biodata tim DM AKMI
  3. Mengirim data akun tim Kankemenag kab/kota
  4. Memilih madrasah peserta Uji Validasi Soal AKMI
  5. Memonitor pelaksanaan Uji Validasi dan AKMI
  6. Menjadi narasumber sosialisasi AKMI tingkat Kab/Kota

Peran DM AKMI tingkat Provinsi

  1. Memonitor pelaksanaan AKMI di tingkat Kanwil
  2. Berkoordinasi dengan tim pusat terkait kendala pelaksanaan Uji validasi dan AKMI
  3. Memonitor pelaksanaan Uji Validasi dan AKMI
  4. Berkoordinasi dengan tim madrasah pelaksana Uji Validasi Soal AKMI
  5. Berkoordinasi dengan tim DM AKMI tingkat Kab/kota terkait pelaksanaan AKMI
  6. Bersama Kanwil Provinsi, menjadi narasumber sosialisasi AKMI tingkat Kab/Kot Pelaksanaan AKMI Tahun 2023

Pelaksanaan AKMI Tahun 2023

  1. Sosialisasi AKMI tingkat nasional bersama Ketua tim Kursis Kanwil Provinsi dan perwakilan DM AKMI tingkat Provinsi (Luring) Juli
  2. Pendaftaran Seleksi Instruktur Pelatihan Tindak Lanjut hasil AKMI Juli
  3. Uji validasi soal AKMI dan Uji Keterbacaan Juli
  4. Sosialisasi AKMI tingkat provinsi dengan peserta tim Kankemenag Kab/Kota dan DM AKMI tingkat Kab/Kota (Luring)Narasumber: Tim pusat dan Tim Kanwil Juli - Agustus
  5. Sosialisasi AKMI tingkat Kab/kota dengan peserta Kepala madrasah pelaksana AKMI tahun 2023 (Daring) Narasumber: Tim pusat dan Tim Kankemenag Kab/Kota Agustus
  6. Verifikasi DNS AKMI tahun 2023 Juli - Agustus
  7. Pelaksanaan AKMI September - Oktober
  8. Pelaksanaan Pelatihan tindak lanjut hasil AKMI tingkat madrasah Oktober - November

Tujuan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia


Asesmen Diagnostik

Asesmen pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, literasi sosial budaya, dan profil keunggulan.

Asesmen Literasi

Tujuan

Untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas Individu sebagai warga dunia agar dapat berkontribusi secara secara produktif di masyarakat.

Fakta

  1. Proses pembelajaran di madrasah: masih rendah dalam menerapkan instrumen yang mengaitkan fenomena sehari-hari, sehingga kematangan dan konsep literasi siswa perlu ditingkatkan.
  2. Hasil observasi: asesmen pembelajaran biologi belum sepenuhnya mengarah pada keterampilan bernalar dan berpikir kritis (Taksonomi Bloom – Anderson C3 – C6). Instrumen asesmen masih dominan berada pada level C1 dan C2, seharusnya dikembangkan distribusi soal merata untuk semua tingkatan kognitif taksonomi bloom.

Diagnosis

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada beberapa literasi sebagaimana ilustrasi berikut ini:

Literasi Membaca

Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks dengan tujuan mengembangkan kapasitas pengetahuan dan potensisiswa dalam masyarakat dan berpartisipasisebagai warga Indonesia yang dapat memberikan kontribusi nilai-nilai kehidupan.

Literasi Numerasi

Kemampuan untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, mengembangkan daya nalar matematis menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menggambarkan, menjelaskan dan memprediksi fenomena yang relevan pada masyarakat Indonesia.

Literasi Sains

Kemampuan menggunakan pengetahuan sains, dan dengan gagasan sains sebagai warga yang reflektif, serta mengembangkan IPTEK melalui kompetensi memahami fenomena secara ilmiah, mengevaluasi, dan merancang inkuiri ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah yang relevan dengan kejadian-kejadian lokal, dan global.

Download Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023

Selengkapnya Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023 ini bisa anda unduh melalu link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.