Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya Disini

Daftar Isi
Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Dibuka
SPAN PTKIN 2023

Guru
madrasah.com - Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau yang sering disingkat SPAN PTKIN tahun 2023 telah dibuka. Bagi anda yang ingin mencoba harap membaca syarat dan cara mendaftarnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN atau PTN dengan Program Studi keagamaan (selanjutnya disebut Perguruan Tinggi) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. 

Pola seleksi secara nasional pada perguruan tinggi disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Jadwal SPAN PTKIN

Bagi anda yang akan mendaftar SPAN PTKIN, pantau tahapan berikut ini:
  1. 17 Januari-13 Februari 2023, dibuka pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren
  2. 16 Februari-4 Maret 2023, pendaftaran siswa
  3. 3 April, pengumuman hasil seleksi

Ketentuan umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  2. Satuan Pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing-masing.

Syarat Pendaftaran SPAN PTKIN 2023

  1. Siswa terdaftar di MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.
  2. Peserta yang mendaftar merupakan siswa yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Mempunyai nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Setelah itu, pastikan dalam pendaftaran nanti detikers mengikuti sistematis berikut ini:
  1. Pelamar diperbolehkan memilih 2 PTKIN
  2. Pelamar wajib memilih 2 program studi di tiap masing-masing PTKIN

Cara pendaftaran SPAN PTKIN 2023

  1. Cek NPSN
  2. Registrasi akun sekolah
  3. Melakukan validasi akun
  4. Login sekolah melalui pdss.ptkin.ac.id
  5. Lakukan pengecekan data siswa meliputi cek data siswa kelas 12 dan input nilai siswa serta KKM

Anda juga bisa memantau kelulusan pada web https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Download Booklet Informasi Pendaftaran SPAN PTKIN 2023

Anda dapat mendownload Brosur Informasi Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Itulah informasi mengenai jadwal, syarart dan cara daftar SPAN PTKIN 2023. Selamat mendaftar dan semoga sukses!

Post a Comment for "Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya Disini"