Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 Kementerian Agama

Logo HGN Kemenag 2022 Guru madrasah.com - Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 sebentar lagi akan diperingati oleh seluruh guru di pelosok tanah air. Puncak peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah pada hari Jumat, 25 November 2022.

gurumadrasah.com - Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 Kementerian Agama
Logo HGN Kemenag 2022

Gurumadrasah.com - Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 sebentar lagi akan diperingati oleh seluruh guru di pelosok tanah air. Puncak peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah pada hari Jumat, 25 November 2022.

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan juga Hari Ulang Tahun PGRI sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

Penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ini berdasarkan pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional di Indonesia bukan merupakan hari libur resmi dan biasanya dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah dengan dilanjutkan pemberian tanda jasa bagi guru.

Tema dan Logo Hari Guru 2022 Kementerian Agama

Di dalam rangka memerihkan peringatan Hari Guru Nasional 2022, Kementerian Agama Republik Indonesia secara resmi menetapkan Tema dan Logo Hari Guru Tahun 2022.

Tema dan Logo Hari Guru 2022 ini diterbitkan untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022. khususnya di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Peringatan Hari Guru Nasional 2022 mengusung tema “Berinovasi Mendidik Generasi”

Berinovasi adalah keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi tertentu, menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi.

Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan.

Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik.

Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru.

Mendidik generasi adalah tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang.

Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika.

Visualisasi logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama

Sedangkan visualisasi logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama Republik Indonesia adalah sebagai berikut.
logo hgn kemenag 2022

Pada logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama ini juga disertakan tagline “Berinovasi Mendidik Generasi” yang sekaligus sebagai Tema Hari Guru 2022.

Filosofi Logo Hari Guru 2022 Kementerian Agama

Logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama memiliki makna pada setiap elemennya. Berikut ini adalah filosifi dari logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama.




1.Bunga Tulip
Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

2. Matahari
Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nurun (Ilmu adalah cahaya).


3. Pendidik
Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yg secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

4. Pena
Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.


5. Buku
Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide aktual sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

6. Daun
Melambangkan kontribusi guru - guru Madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.


7. Garis Zigzag
Transformasi guru Madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

8. Warna Logo
Ragam warna pada logo merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.
  • Emas : Ceria dan optimis
  • Hijau : Religius dan harmonis
  • Biru : Cerdas dan bijaksana
  • Crimson : Hangat (simpati dan empati)

Peringatan HGN Kemenag Tahun 2022 juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yaitu Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi, Inspiratif, Inovatif dan Berdedikatif. Informasi lengkapnya bisa klik https://bit.ly/anugerahgtkmadrasah2022, serta Lomba Foto dan Video GTK Madrasah.

Download Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022

Setelah mengetahui filosofi dalam Logo HGN 2022, silahkan mengunduh logo Hari Guru Nasional 2022 dalam beberapa format seperti PNG dan Adobe Illustrator (AI) dalam tautan-tautan berikut ini:

Logo HGN Kemenag 2022 - DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 Kementerian Agama. Silahkan diunduh dan dipergunakan untuk mendesain ucapan hari guru nasional, membuat banner HGN 2022, serta keperluan lainnya. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.