Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul PMDSU 2022

Sarjana Unggul PMDSU Guru madrasah.com - Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), merupakan program beasiswa bagi sarjana unggul untuk melakukan percepatan pendidikan menjadi lulusan doktor pada usia muda.

gurumadrasah.com - Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul PMDSU
Sarjana Unggul PMDSU

Guru
madrasah.com
- Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), merupakan program beasiswa bagi sarjana unggul untuk melakukan percepatan pendidikan menjadi lulusan doktor pada usia muda.

Sarjana unggul akan dibina menjadi doktor dalam waktu empat tahun dengan suasana akademik yang sehat serta dibimbingan oleh promotor handal, baik berdasarkan rekam jejak penelitian maupun pendidikan.

Melalui program PMDSU, para sarjana unggul diharapkan dapat dididik dan dibina menjadi seorang doktor dalam suasana akademik yang sehat di bawah bimbingan promotor handal dengan rekam jejak penelitian dan pendidikan yang baik dan cemerlang.

Program PMDSU diharapkan dapat menjadi salah satu opsi di masa yang akan datang terutama terkait pemberian beasiswa pendidikan pascasarjana dan pembiayaan penelitian pada program pendidikan pascasarjana. Setelah berjalan satu batch Program Beasiswa PDSU dievaluasi baik dari sisi keberjalanan program maupun nama program. Dari hasil evaluasi tersebut kemudian PDSU diubah menjadi Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) sampai sekarang.

Hakekat Program PMDSU adalah membangun kapasitas institusi pendidikan pascasarjana dalam negeri agar memiliki daya saing di dalam menyelenggarakan pendidikan doktor. Strategi dasarnya, PMDSU mengintegrasikan seluruh input pembiayaan yang ada seperti beasiswa, penelitian, sandwich-like/PKPI, SAME-PMDSU, hibah sarpras serta mengarahkan pengalokasian sumber daya tersebut kepada pascasarjana potensial yang terpilih. Strategi berikutnya, PMDSU memberikan otonomi yang lebih tinggi kepada promotor di dalam merencanakan dan melaksanakan program, dengan demikian, di institusi pascasarjana akan tumbuh lebih banyak academic leadersebagai penanda semakin kuatnya pendidikan doktor.

Penyelenggaraan Beasiswa PMDSU angkatan pertama (PMDSU batch I) pada tahun 2013 diikuti sebanyak 57 orang mahasiwa dan dibimbing oleh 27 orang promotor unggul yang tersebar di enam perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi penyelenggara Program PMDSU batch I yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Penyelenggaraan beasiswa PMDSU batch II dan batch III telah dilaksanakan berturut-turut pada tahun 2015 dan 2017. 

Jumlah penerima beasiswa PMDSU batch II adalah 321 orang yang dibimbing oleh 176 orang promotor dari 12 perguruan tinggi negeri sedangkan jumlah penerima beasiswa PMDSU batch III adalah 248 orang yang dibimbing oleh 162 orang promotor dari 11 perguruan tinggi negeri. 

Pada penyelenggaraan Beasiswa PMDSU batch VI yang dilaksanakan pada tahun 2018 dengan jumlah penerima sebanyak 135 orang dan dibimbing oleh 114 orang promotor. Sedangkan untuk penyelenggaraan Beasiswa PMDSU batch V tahun 2019 diikuti oleh sebanyak 151 orang penerima beasiswa dan dibimbing oleh 133 orang promotor. Tahun 2021 penyeelnggaraan Beasiswa PMDSU batch VI diikuti oleh sebanyak 152 orang penerima beasiswa dan dibimbing oleh 129 orang promotor.

Tujuan

PMDSU bertujuan untuk mendidik sarjana unggul melalui pendidikan Magister menuju Doktor yang melibatkan dosen sebagai peneliti/kelompok peneliti dengan rekam jejak penelitian setingkat internasional.

Di dalam jangka panjangnya, program ini dapat membangun kapasitas institusi pendidikan pascasarjana pada perguruan tinggi dalam negeri sehingga memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

Luaran dari penelitian mahasiswa PMDSU diharapkan dapat berkontribusi menghasilkan sejumlah publikasi dan paten bereputasi internasional dan inovasi yang dapat membawa kepada teknologi tepat guna yang dibutuhkan industri dalam negeri.

Objektif Program Beasiswa PMDSU

Beasiswa PMDSU memiliki beberapa objektif program sebagai berikut.
  1. Doktor Muda; Meraih gelar doktor dan menjadi ilmuwan di usia muda.
  2. Pengetahuan; Bergabung bersama komunitas ilmu pengetahuan dunia.
  3. Jejaring; Memperluas jejaring riset internasional bersama ilmuwan terbaik dunia di kampus luar negeri.
  4. Kampus Terbaik; Mengenyam pendidikan magister sekaligus doktor di kampus terbaik di Indonesia.
  5. Promotor Andal; Mendapatkan pembinaan dan bimbingan dari akademisi dan ilmuwan terbaik di Indonesia.
  6. Karier; Memiliki peluang lebih besar menjadi dosen atau peneliti di perguruan tinggi Indonesia dan luar negeri;

Kampus Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan terobosan, salah satu di antaranya adalah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Program PMDSU mengimplementasikannya dalam penyelenggaraan PMDSU di masing-masing perguruan tinggi dengan mengikuti peraturan perguruan tinggi tersebut.

Calon mahasiswa pun dapat memilih bidang ilmu dan ranah penelitian yang akan ditekuninya serta mahasiswa dapat memilih promotor.

Proses pembelajaran PMDSU bersifat research based, interaksi mahasiswa dengan promotor dan dengan kolega multistrata dalam laboratorium/studio sangat penting.

Informasi lengkap mengenai Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul PMDSU ini bisa menghubungi :

Kontak:

Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
[e] pmdsu@kemdikbud.go.id

Demikian informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul PMDSU. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.