Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022

Panduan PIMNAS 2022 Guru madrasah.com - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektua…

gurumadrasah.com - Panduan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022
Panduan PIMNAS 2022

Guru
madrasah.com
- Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing.

Pada tahun 2022, kegiatan PIMNAS dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Meskipun dilaksanakan dengan prokes yang ketat, tim mahasiswa tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya. Dengan demikian, kritik, saran dan pujian yang diperoleh akan menjadi komponen penting bagi mahasiswa dalam upayanya meningkatkan kinerja akademik di kemudian hari. Disamping itu, tuntutan tim juri yang bermutu dan transparan harus terpenuhi agar inovasi dan kreativitas mahasiswa dapat terpotret dengan sangat baik.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. Pada PIMNAS tahun ini telah ditetapkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke-35 tahun 2022.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan PIMNAS adalah:
  1. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia;
  2. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah;
  3. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat;
  5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi;
  6. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah;
  7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI;
  8. Sebagai sarana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Peserta

Penetapan Peserta PIMNAS berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penilai dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu. Hasil penilaian oleh tim penilai dengan kriteria nilai tertentu kemudian diusulkan kepada Pusprenas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sebagai peserta PIMNAS. Kriteria penetapan peserta PIMNAS:
  1. Peserta PIMNAS PKM 7 Bidang yaitu PKM-K, PKM-RE, PKM-RSH, PKMPM, PKM-PI, PKM-KI, PKM-KC ditetapkan berdasarkan: nilai Proposal dengan bobot 30%, nilai PKP2 dengan bobot 50%, dan nilai Laporan Kemajuan dengan bobot 20%;
  2. Peserta PIMNAS PKM-VGK ditetapkan berdasarkan: nilai Proposal (30%), nilai Laporan Kemajuan (20%) dan nilai PKP2 yang dibagi menjadi nilai presentasi (25%) dan nilai Video luaran (25%),
  3. Peserta PKM-GFT ditetapkan berdasarkan nilai artikel atau karya tulis.

Tema dan Logo PIMNAS 35

Tema
Perguruan Tinggi penyelenggara PIMNAS diwajibkan membuat tema yang disesuaikan dengan ciri khas masing-masing, dan mempunyai makna yang dalam serta mengandung pesan moral yang ditujukan kepada penyelenggara, peserta, maupun pengunjung. Tema PIMNAS 35 tahun 2022 adalah “Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa berbasis Transformasi Digital menuju Indonesia Emas 2045”.

Setiap Penyelenggaraan PIMNAS mempunyai logo yang bersifat semi permanen. Perubahan logo hanya dilakukan terhadap nama Perguruan Tinggi Penyelenggara dan tahun pelaksanaannya. 

Logo PIMNAS 35 Tahun 2022
Logo kegiatan PIMNAS 35 Tahun 2022 yang diselenggarakan di UMM adalah sebagai berikut

logo pimnas 2022

Selain logo, setiap PIMNAS memiliki maskot yang dipergunakan sebagai sarana penyemangat penyelenggaraan. Seperti halnya logo, maskot juga berupa gambar yang mempunyai ciri khas, karakter, corak dan membawa pesan-pesan.

Maskot juga dipergunakan sebagai unsur pembeda dalam penyelenggaraan sebelumnya. Setiap maskot mencerminkan kekhasan dan makna Perguruan Tinggi serta lokasi Penyelenggaraan. Maskot PIMNAS 35 Tahun 2022:
maskot pimnas 2022

Download Panduan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2022

Selengkapnya mengenai file dari Panduan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2022 ini bisa anda lihat dan juga mengunduhnya melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini yang menginfokan mengenai Panduan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2022. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.