Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek 2022

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2022 Guru madrasah.com - Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang berupa pemberian biaya pendidikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk studi pa…

gurumadrasah.com-Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek
Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2022

Gurumadrasah.com - Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang berupa pemberian biaya pendidikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk studi pada perguruan tinggi penyelenggara. 

Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa bergelar (degree) jenjang pendidikan S1, S2 atau S3 bagi masyarakat berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek yang sedang melaksanakan studi di Perguruan Tinggi negeri/swasta dibawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan akreditasi institusi dan program studi minimal B/sangat baik. Beasiswa Unggulan tidak diperuntukkan bagi tenaga pendidik pada Perguruan Tinggi (dosen), pelaku budaya, guru atau masyarakat yang sudah masuk dalam target penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek.

Beasiswa Unggulan telah memberikan pelayanan dalam pemberian biaya pendidikan dimulai sejak tahun 2008 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-14, dengan harapan Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu tujuan pelayanan kami yaitu memberikan pelayanan dan menjamin mutu pelaksanaan Beasiswa Unggulan, terutama dalam proses pendaftaran, maka Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan menyusun Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Risetdan Teknologi tahun 2022 ini.

Jenis Beasiswa

Masyarakat Berprestasi

Merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 3 (semua jenjang) pada saat mendaftar.

Pegawai Kemendikbud-Ristek

Merupakan pemberian beasiswa kepada PNS di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk melanjutkan pendidikan Magister atau Doktoral di dalam atau di luar negeri melalui mekanisme tugas belajar.

Persyaratan Pendaftaran Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan masyarakat berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Beasiswa Unggulan masyarakat berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 3 pada saat mendaftar (mulai perkuliahan semester gasal 2021/2022).

Beasiswa Unggulan masyarakat berprestasi diberikan kepada masyarakat yang berprestasi tingkat internasional dan/atau nasional serta berkontribusi kepada daya saing bangsa disegala bidang.

Persyaratan Umum

  1. Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat internasional dan/atau nasional;
  2. Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait;
  3. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber APBN dan/atau APBD dengan komponen pembiayaan yang sama; dan
  4. Diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri dibawah binaan Kemendikbudristek dengan akreditasi institusi dan program studi paling rendah B/Sangat Baik.
  5. Mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Kelengkapan Berkas

Adapun kelengkapan berkas yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going).
  3. LoA Unconditional.
  4. Surat keterangan aktif kuliah.
  5. Kartu Hasil Studi (KHS) semester 1 dan 2 (khusus On-Going).
  6. Ijazah dan transkrip nilai terakhir (khusus untuk jenjang Magister dan Doktor).
  7. Sertifikat Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris.
  8. Proposal rencana studi bagi program Magister (rencana perkuliahan dan sks per- semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam tesis, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat).
  9. Proposal penelitian disertasi bagi program Doktoral.
  10. Surat rekomendasi dari akademisi atau institusi terkait (sesuai format).
  11. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber APBN dan/atau APBD (sesuai format).
  12. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten.
  13. Essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul: "Kontribusiku sebagai Generasi Unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045" bagi S1, dan essay/karangan terkait dengan hal yang sudah diperbuat untuk bangsa bagi S2/S3.Essay ditulis pada kolom essay minimal 1.000 untuk S1 dan 1.500 untuk S2/S3.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Unggulan 2022

  1. Pendaftaran Beasiswa Unggulan: 10 - 23 Oktober 2022
  2. Seleksi Administrasi: 23 - 27 Oktober 2022
  3. Seleksi Wawancara: 01 - 05 November 2022
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara: 12 November 2022
  5. Pembekalan dan Penjelasan Teknis Penandatanganan Kontrak: 14 - 26 November 2022
  6. Pencairan Dana Beasiswa: Minggu ke IV November - Minggu ke II Desember 2022
Info lengkap mengenai Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek 2022 silakan kunjungi https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Download Pedoman Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek

Selengkapnya mengenai file Pedoman Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek ini bisa anda lihat dan unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Pedoman Beasiswa Unggulan Bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.