Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Pameran FIKSI Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Pedoman FIKSI SMA 2022 Guru madrasah.com - Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek telah menerbitbkan Pedoman Pameran FIKSI Tingkat SMA MA Tahun 2022

gurumadrasah.com-Pedoman Pameran FIKSI Jenjang SMA/MA Tahun 2022
Pedoman FIKSI SMA 2022

Gurumadrasah.com - Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek telah menerbitbkan Pedoman Pameran FIKSI Tingkat SMA MA Tahun 2022

Pedoman Pameran atau EXPO FIKSI Tingkat SMA MA Tahun 2022 ini diterbitkan untuk memberikan gambaran pelaksanaan pameran FIKSI 2022 dengan tema “Sinergi Talenta Unggul untuk Masa Depan Tangguh” dan tema Spesifik Pameran “MetamorFIKSI”.

Puncak dari program FIKSI adalah Pameran kewirausahaan SMA/MA. Pameran Kewirausahaan merupakan suatu bentuk kegiatan mempertunjukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan informasi produk maupun informasi visual hasil karya Finalis FIKSI SMA/MA 2022.

Sebanyak 100 kelompok finalis FIKSI SMA/MA yang lolos akan diundang untuk untuk mempresentasikan dan memamerkan produk wirausaha mereka secara virtual dalam kegiatan Pameran Kewirausahaan pada tahun 2022 ini.

Selain itu, para finalis akan mengikuti rangkaian kegiatan seru lainnya guna menambah skill finalis dalam bidang kewirausahaan serta mendapat dukungan dari masyarakat.

Dasar Hukum

Pelaksanaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia didasarkan pada:
  1. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33;
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun
  6. 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan; dan
  7. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) pada Pusat Prestasi Nasional Tahun 2022.

Tujuan

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan sosial kepada siswa.
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya.
  3. Mengaktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada siswa.
  4. Menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan.
  5. Membentuk jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha sosial, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya.
  6. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA.
  7. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat.

Bentuk Kegiatan Finak FIKSI 2022

Kegiatan pada tahap Final FIKSI 2022 terbagi ke dalam 3 (tiga) kegiatan utama, yaitu sebagai berikut.
  1. Seleksi presentasi dan wawancara yang akan dilaksanakan secara daring.
  2. Expo virtual untuk memamerkan karya inovasi finalis.

Waktu dan Tempat

  1. Rangkaian kegiatan Final FIKSI 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 18 November 2022. Seleksi presentasi dan wawancara dilaksanakan secara virtual pada tanggal 15 s.d. 16 November 2022.
  2. EXPO virtual dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022. Informasi mengenai pameran virtual dapat dilihat di laman FIKSI 2022: http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/.

Finalis FIKSI 2022

Finalis pada babak final terdiri dari 100 finalis, merupakan peserta atau tim yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan proposal usaha.

Juri dan Panitia

Juri berasal dari unsur akademisi dan praktisi di bidang kewirausahaan. Panitia berasal dari unsur Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan komunitas yang mendukung kewirausahaan SMA (Fiksioner Indonesia).

Download Pedoman Pameran FIKSI Jenjang SMA MA Tahun 2022

Selengkapnya mengenai file dari Pedoman Pameran atau EXPO FIKSI Tingkat SMA MA Tahun 2022 ini dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pedoman Pameran FIKSI Jenjang SMA MA Tahun 2022. Semoga bermanaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.