Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) Revisi 2022

Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) Revisi 2022
Panduan Pengembahan KOSP Revisi 2022

Sejalan dengan perkembangan Implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan tidak hanya pada sekolah penggerak, namun diterapkan juga pada sekolah secara mandiri. Pemerintah dalam hal ini, Kemendikbudristek telah menerbitkan Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi 2022. Bagi Sekolah Penggerak angkatan sebelumnya yang sudah memiliki Panduan Penyusunan KOSP edisi sebelumnya, ada baiknya untuk memiliki panduan ini.

Penyusunan KOSP tidak bisa dilakukan dengan copy paste dari KOSP milik sekolah lain, karena Kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan harus dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Struktur Kurikulum. Kurikulum operasional yang dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah dan masyarakat.

Dalam penyusunan kurikulum operasional, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum operasional. Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum.

Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 ini memuat analisis karakteristik satuan pendidikan, penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, pengorganisasian pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional. Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan format dan sistematika penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

Berikut ini Sistematika Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) yang disharre dalam Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022, yakni sebagai berikut:
  • Sampul
  • Lembar Pengesahan
  • Lembar Validasi
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi

BAB I ANALISIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN

A. Analisis Karakteristik Peserta Didik
B. Analisis Guru dan Tenaga kependidikan
C. Analisis Sarana dan Prasarana
D. Analisis Lingkungan Satuan Pendidikan
E. Analisis Kemitraan Satuan Pendidikan
F. Analisis Pembiayaan Satuan Pendidikan

Setiap akhir Sub Bab dijelaskan analisis masing-masing karakteristik dengan cara mendiskripsikan kekuatan dan kelemahan. Analisis dapat juga dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght:kekuatan, Weakness:kelemahan, Opportunity:peluang, dan Threat:tantangan atau ancaman). Hasil analisis ini dapat digunakan untuk menentukan rumusan visi, misi dan tujuan.

BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN

A. Visi
 
Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan, yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. Visi merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan. Visi harus dapat memberikan panduan/arahan serta motivasi. Visi harus tampak realistis, kredibel dan atraktif. Sebaiknya mudah dipahami, relatif singkat, ideal dan berfokus pada mutu, serta memotivasi setiap pemangku kepentingan. Pada bagian ini ditambahkan indikator setiap kata kunci.

B. Misi
 
(Misi adalah pernyataan bagaimana satuan pendidikan mencapai visi yang ditetapkan untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. Pernyataan misi menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.

Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi. Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Misi menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta didik.).

C. Tujuan
 
Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu oleh setiap satuan pendidikan dengan mengacu pada karakteristik atau keunikan setiap satuan pendidikan. Tujuan harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan. Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik. Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu (jangka pendek, menengah dan panjang). Rumusan kalimat dalam tujuan harus mengandung SMART (specific, measurable, achievable, relevant dan time bound). Specific: Apakah tujuan sudah dibuat sederhana dan spesifik?, Apakah tujuan sudah dapat dijadikan ciri khas satuan pendidikan?. Measurable: Apakah tujuan dapat diukur dan dapat memotivasi agar tercapai? Apakah kriteria pencapaiannya jelas?. Achievable/Attainable: Apakah tujuan dapat dicapai dan dilaksanakan oleh seluruh warga satuan pendidikan?, Apakah tujuan melibatkan pihak eksternal?, Relevant: Apakah tujuan relevan dengan misi dan masuk akal?, Apakah tujuan menempatkan pelajar sehingga mampu memperkuat kompetensinya?. Time bound: Apakah tujuan memiliki alokasi waktu yang lebih fleksibel dengan linimasa yang disesuaikan dengan kebutuhan?, Apakah tujuan melibatkan semua pendidik dalam pembuatan linimasa tersebut?.


BAB III PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN

Pengorganisasian pembelajaran adalah cara satuan pendidikan mengatur pembelajaran muatan kurikulum dalam satu rentang waktu. Pengorganisasian ini termasuk pula

mengatur beban belajar dalam struktur kurikulum, muatan mata pelajaran dan area belajar, pengaturan waktu belajar, serta proses pembelajaran.

A. Intrakurikuler
 
Pembelajaran berisi muatan mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya jika ada mulok.

B. Kokurikuler: Project penguatan profil pelajar pancasila
 
Kegiatan kokurikuler yang dirancang terpisah dari intrakurikuler untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila melalui tema dan pengelolaan projek berdasarkan dimensi dan fase. Pada bagian ini didiskripsikan perencanaan projek, tim projek, tema projek, dimensi, elemen, sub elemen, pengaturan waktu, asesmen dan pelaporan. Pemilihan tema dan dimensi projek mengacu pada hasil analisis karakteristik satuan pendidikan di BAB I.

C. Ekstrakurikuler (bakat dan minat)
 
Kegiatan kurikuler yang dilakukan di luar jam belajar di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler mewadahi bakat dan minat peserta didik. Penentuan jenis ekstrakurikuler disesuaikan dengan analisis karakteristik satuan pendidikan pada BAB I.

D. Pembiasaan Sekolah


BAB IV PERENCANAAN PEMBELAJARAN

A. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup satuan pendidikan

Pada bagian ini dijelaskan sumber CP (capaian pembelajaran), karakteristik setiap mata pelajaran, elemen dan diskripsi CP dari setiap mapel, dan peran atau hubungan antar elemen untuk menuju CP yang diharapkan di setiap mapel.

B. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup kelas (ATP dan modul ajar/RPP).

Pada bagian ini dijelaskan bagaimana TP (Tujuan Pembelajaran) dirumuskan berdasarkan deskripsi CP dengan melihat hubungan antar elemen. Berikutnya dijelaskan bagaimana ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) disusun untuk setiap mapel.


BAB V PENDAMPINGAN, EVALUASI DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL

A. Pendampingan implementasi kurikulum

B. Evaluasi implementasi kurikulum

C. Program pengembangan Profesional

Pada bagian ini sebaiknya dianalisis terlebih dahulu Rapor Pendidikan yang akan digunkan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan program untuk pengembagan profesional.

DAFTAR PUSTAKA

Regulasi dan seluruh panduan kurikulum merdeka.

LAMPIRAN

Lampiran ini dapat berupa file atau link dalam google drive atau website. Lampiran ini tidak harus semua, namun dapat berupa contoh untuk mapel tertentu.

A. Capaian Pembelajaran

B. Alur Tujuan Pembelajaran

C. Modul Ajar

D. Modul Projek

Download Materi Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022


Selengkapnya mengenai Materi Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022 ini bisa anda downlaod melalui link dibawah ini.

  • Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 - DOWNLOAD
  • Materi Lengkap Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2022 - DOWNLOAD
  • Panduan Lengkap Penggunaan Platform Merdeka Mengajar - DOWNLOAD

Demikian Informasi tentang Buku Panduan Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Edisi Revisi Terbaru 2022 dan Sistematika Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) Revisi 2022"